Banner sumsel

Mulai Tahun Depan, Kelurahan di Sumsel Dapat Jatah Rp140 M

PALEMBANG, koranindonesia.id – Sebanyak 386 kelurahan yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel) akan mendapat jatah Rp140,86 miliar. Program ini akan digulirkan pemerintah pusat mulai tahun depan.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI Perwakilan Sumsel, Taukhid mengungkapkan, masing-masing kelurahan di 17 kabupaten/kota di Sumsel, akan mendapat kucuran dana berkisar Rp350 juta – Rp380 juta.

“Mulai tahun depan akan digulirkan, masing-masing kelurahan dapat jatah,” ungkap Taukhid kepada wartawan, Selasa (27/11/2018).

Menurut dia, Dana Kelurahan ini agak berbeda dengan Dana Desa. Sebab, penganggarannya langsung dimasukkan ke dalam Dana Alokasi Umum (DAU) dan langsung dikelola oleh setiap pemerintah kabupaten/kota yang menerima melalui APBD.

“Nantinya dana tersebut akan diterima APBD sebagai penerimaan transfer dari APBN. Lalu belanja, pertanggungjawaban, serta laporannya dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota, karena masuk dalam pos belanja daerah,” paparnya pula.

Adapun pemerintah daerah yang mendapatkan alokasi Dana Kelurahan terbesar yakni Kota Palembang, yaitu sebesar Rp37,76 miliar, Lubuklinggau Rp26,64 miliar, dan Pagaralam sebesar Rp13,44 miliar. Sebab, ketiga daerah itu pemerintahannya hanya terdiri dari kelurahan.

“Untuk daerah lain masih banyak desa, kelurahan hanya beberapa saja,” pungkasnya.

(ram)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.