Banner sumsel

Mulai Dibangun Awal 2019, Palembang Segera Miliki Pasar Ikan Modern Pertama

PALEMBANG, koranindonesia.id – Kota Palembang dapat dikatan beruntung, dalam proses lelang tender oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sebab Pasar Ikan Modern yang diklaim sebagai yang pertama di Sumatra nantinya, mulai dilakukan pembangunan pada awal 2019. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berjanji akan mengupayakan harga yang sama dengan penjualan di pasar tradisional selama ini, nantinya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Afrizal Hasyim mengatakan, pasar ikan ini nantinya akan menjadi yang pertama di Sumatra, selain yang saat ini sedang dalam proses penjajakan pembangunan di Jakarta dan Bandung.

Pemerintah Kota Palembang telah menetapkan Pasar Ikan Modern akan dibangun di sebelah Kantor Camat Ilir Timur (IT) 3, atau tidak jauh dari JM Kenten, yang terletak di Jalan MP Mangkunegara, 8 Ilir, IT 3, Palembang.

“Setelah lelang, Januari atau Februari 2019 mulai konstruksi,” kata Afrizal Hasyim, kepada wartawan,  Minggu (14/10/2018).

Afrizal mengatakan, Pasar Ikan Modern dengan konsep supermarket ini dikhususkan bagi ikan air tawar dan laut. Pasar ini akan dihilangkan dari imej pasar ikan yang kotor dan bau. Sehingga, pihaknya akan memberikan arahan kepada pengelola pasar nantinya agar pasar tetap bersih.

Dibangun setidaknya dua lantai, rencananya tempat ini tidak hanya untuk belanja ikan saja, tetapi juga tempat keluarga menghabiskan waktu di restoran (foodcourt).

“Seluruh pedagang kita himpun disini, ada 165 los lantai bawah dan los atas 80 untuk foodcourt, makanan ikan dan ada ruang edukasi perikanan juga dilengkapi pengolahan limbah,” jelasnya.

(FOTO/IST)

Pasar khusus ikan ini membutuhkan lahan yang luas. Dibutuhkannya lahan luas sebab akan ditempatkan klostorit atau mesin pendingin ikan dengan kapasitas 100-200 ton. Pembangunan dengan nilai investasi mencapai Rp26 miliar ini, dinilai pihaknya akan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan perekonomian Palembang serta mengurangi pengangguran.

“Meskipun konsepnya modern, kami akan upayakan agar harganya sama dengan yang biasa dijual di pasaran. Kita akan cari celah untuk payung hukumnya,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, berdasarkan arahan dari KKP, bahwa Pemkot Palembang harus menyiapkan lahan yang berada di tengah kota, dan mudah dijangkau.

Pusat perdagangan khusus ikan dan modern sudah menjadi cita-cita Menteri Kelautan dan Perikanan. “Pasar modern ikan emang menjadi cita-cita. Di dalam pusat perdagangan itu ada ikan segar, ikan olahan dan berada di tengah kota. Konsepnya seperti supermarket,” jelasnya.

Pihaknya menilai, dengan dibuatkan pasar khusus ikan modern ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan perekonomian Palembang serta mengurangi pengangguran.

“Pasar ikan modern ini akan jadi pilot project. Ini juga akan sangat bermanfaat bagi ekonomi kerakyatan di Palembang,” tandasnya.

(iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.