Banner Pemprov Agustus

Muba Sukseskan Agenda Pemulihan Sektor Pariwisata Pasca Pandemi

SEKAYU,koranindonesia.id-– Sukses dan meriah, begitulah suasana malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2021, Selasa (30/11/2021) malam di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Puluhan Kepala Daerah dari berbagai daerah di Indonesia tampak puas dan senang bisa bertandang ke bumi Serasan Sekate untuk turut andil menyukseskan event bergengsi sektor pariwisata tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno turut hadir secara virtual dan membuka langsung acara malam puncak API Award tahun 2021. Dirinya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Muba sebagai tuan rumah API Award tahun 2021.

“Muba telah sukses dan berhasil turut andil dalam agenda memulihkan pariwisata dan perekonomian pascapandemi,” ujar Sandiaga.

“Diharapkan kegiatan API Award ini dapat membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata, dan pemerintah setempat dapat berperan ikut mempromosikan pariwisata di penjuru Indonesia sehingga dapat terwujud Ekonomi Bangkit dan Pariwisata Semakin Maju,” tambahnya.

Dalam kondisii pandemi COVID-19 ini, dibutuhkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi, serta penerapan protokol Kesehatan adalah kunci keberhasilan untuk meningkatkan kepercayaan para wisata.

“Dengan adanya API Award ini diharapkan dapat memajukan pariwisata, membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan ekonomi bangkit. Selamat kepada pemenang API Award 2021, terua galih potensi daerah, untuk pariwisata semakin maju dan ekonomi bangkit,”ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muba Beni Hernedi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh bupati, tamu dan rombongan yang hadir pada Malam API Award 2021. Dirinya memaparkan secara geografis kondisi dan potensi Kabupaten Muba.

“Selain potensi SDA yang berlimpah, kami juga punya daya saing sektor pariwisata. Kami memiliki anugerah sungai, banjir, rawa dan lebak lebung itulah kelebihan. Oleh karena itu Alhamdullilah tahun kemarin kita bisa mendapat penghargaan juara pertama dari API Award pada kategori Wisata Air yaitu Festival Bekarang,”ucapnya.

Beni berharap melalui event API Award 2021 ini, Kabupaten Muba dapat dikenal dengan baik oleh seluruh daerah di Indonesia, terutama dari segi pariwista. Sehingga dapat memberi dampak positif dan meningkatkan daya kunjung ke Kabupaten Muba dan tentu meningkatkan ekonomi daerah.

“Pasca pandemi COVID-19, momentum API Award 2021 mampu membangkitkan pariwisata di Indonesia, tentu kami daerah pertama medapatkan dampak positif kebangkitan pariwisata,kami bersyukur dan berterimakasih untuk itu,”bebernya.

Tercatat, pada rangkaian Malam Puncak API Award 2021, Selasa (30/11/2021) di Bumi Serasan Sekate sedikitnya dihadiri secara langsung 20 Bupati dan Walikota dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Ya, ada 20 Bupati dan Walikota yang hadir pada Malam Puncak API Award 2021 di Muba ini,” ungkap Kadispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM.

Fariz merinci, adapun Kepala Daerah yang datang ke Muba untuk menyaksikan langsung API Award diantaranya Bupati Aceh Barat, Bupati Aceh Singkil, Bupati Agam, Bupati Buru Selatan, Bupati Buton Selatan, Bupati Cianjur, Bupati Demak, Bupati Kampar, Bupati kota waringin barat, Bupati Lembata.

“Kemudian, Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Maluku Barat Daya, Bupati Pelalawan, Bupati Sidoarjo, Wabup Bengkulu Selatan, Wabup OKI, Wabup Sorolangun, Wabup Solok Selatan, Wawako Tual, dan ada juga istri Gubernur Aceh,” bebernya.

Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach ST mengapresiasi pelaksanaan malam puncak API Award 2021 di Kabupaten Muba berlangsung meriah dan luar biasa.
“Kami berhasil meraih juara dua Kategori Destinasi Baru yaitu Pantai Limarang Kabupaten Maluku Barat Raya”, ucapnya.

Bupati Buru Selatan, Provinsi Maluku Hj Safitrri Malik Soulisa S. Ip mengatakan, Kabupaten Muba sendiri terlihat sudah sangat siap dalam kegiatan even Nasional, oleh karena itulah kegiatan API 2021 di Muba bisa menjadi acuan untuk Kabupaten Buru Selatan dalam penyelenggaraan even skala Nasional seperti ini.

“Kami nanti tidak akan kalah untuk kegiatan positif. Apalagi Buru Selatan memiliki keindahan yang mana menang nominasi untuk kategori terunik dengan air terjun diantara air tawar dan air asin, ayo ke Buru Selatan Provinsi Maluku, ” ajak dia

Untuk tuan rumah sendiri, diakui Safitri, sudah sangat baik dalam pelaksanaannya, apalagi ditengah kondisi pandemi saat ini.

“Sangat luar biasa, diharapkan juga Pemkab Muba bisa membangun bandara sehingga lebih memudahkan akses ke Muba, ” tandasnya.

Turut hadir pula pada malam puncak API Award 2021, Direktur Merek dan Indikasi Geografis Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI Nofli SSos SH MSi, Staf ahli Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Prof Dr Ir Winarni Monoarfa MS, Staf ahli Menteri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri RI Dr Drs La Ode Ahmad AP MSi, Gubernur/Bupati/Walikota Se Indonesia, Istri Gubernur Provinsi Aceh Dr Ir Dyah Erti Idawati MT, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsrl H M Giri Ramanda N Kiemas SE MM, Forkopimda Muba beserta istri, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko SH MH, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Sumsel Siar Hasoloan Tamba SH, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, staf ahli Bupati dan asisten Pemkab Muba, Direktur Poltekpar Palembang Dr Zulkifli Harahap MM Par, Para Kadispopar Se Indonesia dan para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muba.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.