Banner sumsel

Muba Peduli, Bertahap Dinsos Beri Bantuan Bagi Warga Pra Sejahtera

SEKAYU, koranindonesia.id – Bertempat tinggal di gubuk kayu, dengan kondisi kekurangan membuat Amna dan Sulas warga Dusun II, Desa Teluk Kijing, Kecamatan Lais, Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel), tidak mengeluh. Meski hidup dengan kondisi tidak layak, dua bersaudara ini tetap semangat melewati hari-harinya.

Kondisi tersebut, membuat Dinas Sosial Pemkab Muba mendatangi langsung kediaman Amna dan Sulas, Selasa (5/2/2019). Mirisnya lagi Sulas mengalami gangguan jiwa dan menjadi tanggungan Amna untuk hidup sehari-hari.

“Hari ini Dinsos Muba memberikan bantuan sembako dan pakaian layak untuk ibu Sulas dan Amna,” ungkap Plt Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Muba, Muhammad Jaya.

Dilanjutkannya, saat ini secara bertahap pihak Dinas Sosial Pemkab Muba sesuai arahan dari Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melakukan penyisiran warga pra sejahtera, di wilayah Muba, untuk kemudian dilakukan pendataan guna dimasukkan dalam program rastra atau jika unsur data nya terpenuhi sesuai ketentuan akan dimasukan dalam data Program Keluarga Harapan (PKH).

“Selain diberikan bantuan, penyisiran warga pra sejahtera di Muba ini juga untuk dilakukan pendataan supaya masuk data Rastra atau PKH dan nantinya dapat sedikit meringankan beban hidup mereka sehari-hari,” ungkap Jaya.

Tidak hanya memberikan bantuan kepada Amna dan Sulas, Dinsos Muba juga menyambangi kediaman Bakir (69) yang merupakan warga Desa Ulak Embacang, Kecamatan Sanga Desa. “Bantuan berupa dua paket sembako, tikar selimut, juga pakaian layak pakai,” imbuhnya.

Sementara itu, Amna mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan terutama perhatian dari Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin. “Terima kasih pak Bupati, bantuan ini sangat berguna dan bermanfaat untuk keluarga kami,” tuturnya.

Sebelumnya juga pada 1 Februari lalu Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama Dandim 0401 Letkol Arm M Saufudin Khoiruzzamani, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, Sekda Muba Drs Apriyadi MSi serta komunitas gowes Sekayu menyambangi kediaman Levi Diana (48) warga pra sejahtera yang memiliki empat orang anak ini, mengalami sakit menahun dan kedua kakinya pun sudah diamputasi karena menderita sakit diabetes, bahkan kelimanya ini bertempat tinggal di rumah yang kurang layak huni, dengan kondisi bangunan kayu yang sudah mulai rapuh.

Pada saat itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama FKPD Muba menyebutkan, dirinya akan segera berkoordinasi dengan OPD terkait untuk melakukan bedah rumah atau menyediakan lahan untuk membangun rumah keluarga Diana dan melalui Dinas Sosial juga telah diberikan bantuan kursi roda untuk Diana, selain bantuan lainnya yang dibutuhkan.

“Bertahap, warga pra sejahtera di Muba melalui Dinsos Muba dan OPD terkait akan diberikan bantuan dan dilakukan pendataan, supaya bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah baik daerah maupun pusat. Jemput bola ini juga lebih efektif supaya bantuan-bantuan nantinya tepat sasaran,” pungkasnya.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.