Bhintan Shalawat

Muba  Antusias  Dukung Himbauan Jokowi  Terkait Karet Rakyat

SEKAYU,koranindonesia.id–Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) adalah  kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan  yang tercatat telah menerapkan pembangunan  infrastruktur dengan inovasi infrastruktur Aspal Campur Karet. Di panggung Indonesia, Muba menjadi yang pertama menerapkan teknologi ini.

“Pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet itu menggunakan teknologi pembangunan Aspal Hotmix Menggunakan Campuran Serbuk Karet Alam Teraktivasi (SKAT). Kalau inovasi ini diterapkan di seluruh jalan baik jalan kabupaten, jalan provinsi dan jalan negara di Indonesia maka serapan karet rakyat akan lebih banyak.  Kami yakin cara ini  akan mendongkrak harga karet petani kita. Lambat laun ketergantungan karet di pasar internasional bisa lepas dengan sendirinya,” ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Minggu (10/3/2019)

 

Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari ini juga menjelaskan  jika pembangunan aspal berbahan campuran karet di Muba tahun 2018 tersebut di sepanjang jalan 465 meter mampu menyerap 8,49 ton karet milik petani rakyat di Muba, bisa dibayangkan jika semua  daerah di negeri ini menerapkan inovasi aspal karet maka  serapan karet rakyat akan jauh lebih banyak. Kemakmuran di ambang pintu bagi petani.

 

“Ini sangat efektif dan membuktikan kalau implementasi pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet akan mendongkrak harga karet di kalangan petani khususnya di bumi Serasan Sekate ini,” terangnya.

Ditambahkan Dodi, implementasi pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet ini sangat nyata  membantu perekonomian petani karet di Muba

 

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel ini menjelaskan, pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet di Muba menggunakan dana APBD Tahun Anggaran 2018 dan menelan anggaran sebesar 1,8 miliar. “Untuk faktor ketahanan, metode pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet ini lebih tahan dan kuat,” bebernya.

 

Diketahui, inovasi pembangunan jalan aspal karet yang di inisiatori oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin ini juga diganjar penghargaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diserahkan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Desember 2018 lalu dalam rangkaian puncak peringatan Hari Bakti  PU di Auditorium Kementerian PUPR. (rel)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.