Muba Akan Punya Program Baru, “Keluargaku Masa Depanku “

JAKARTA, koranindonesia.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) terus gencar membuat inovasi pro rakyat. Salah satu program yang diinisiasi oleh Pemkab Muba ini adalah program “Keluargaku Masa Depanku”. Tujuannya, untuk menekan angka kemiskinan menuju 1 digit.

“Fokus sasarannya adalah warga keluarga pra sejahtera di Musi Banyuasin,” ungkap Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin melalui Wakil Bupati Beni Hernedi.

Beni menyampaikan, paparan kesiapan Muba ntuk melaunching Program Pemkab Muba  “Keluargaku Masa Depanku” itu, pada acara audensi dengan pejabat struktural BKKBN Pusat di Gedung Halim 1 Kantor BKKBN, Jakarta Timur, Jumat (8/2/2019).

Beni melanjutkan, rencana kerja untuk merealisasikan program “Keluargaku Masa Depanku” 2019 tersebut, sasarannya tiap desa dengan kegiatan mengidentifikasi dan menginventarisir kebutuhan warga, terkait pembangunan keluarga.

Kelompok masyarakat yang disasar adalah, warga Muba pra sejahtera dengan membentuk tim/kader pembangunan keluarga di setiap desa. Penguatan sosialisasi dan pelayanan, penguatan program Kampung KB menjadi Desa KB dan Kecamatan KB juga digarap.

“Misalnya dengan membentuk Kampung Keluarga Berencana (KB). Ini tentu berkaitan dengan pengendalian kependudukan, dan kita sinergikan dengan kegiatan OPD lainnya seperti Dinas Sosial, Dinas PMD. Di PMD ada program  pemberdayaan masyarakat bersumber dari Dana Desa. Sedangkan dengan Dinas Kesehatan fokus pada program layanan kesehatan masyarakat. Intinya semua OPD terkait disinergikan, sehingga angka kemiskinan di Muba dapat ditekan sampai 1 digit,” ungkap Beni Hernedi.

(FOTO/HUMAS PEMKAB)

Beni meyakini, jika dukungan pemerintah pusat bersinergi, dengan semua stakeholder terkait, Muba akan berhasil menurunkan angka kemiskinan. Secara luas, jika sinergi ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, maka angka kemiskinan di republik ini susut signifikan.

Sementara itu, Kepala DPPKB Muba Syafarudin menyebutkan, pihaknya sangat berharap dengan program “Keluargaku Masa Depanku” di Muba bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, khususnya BKKBN Pusat. “Kami berharap program ini, bisa di-launching dalam waktu dekat, dan  kami sangat membutuhkan support dan dukungan dari BKKBN Pusat,” ujarnya

Sestama BKKBN Pusat H Nofrijal SP MA, didampingi Direktur Bina Hubungan antar Lembaga Ari Gunadi, dan Direktur Bina Lini Lapangan Wahidin menyebutkan, pihaknya sangat menyambut baik apa yang menjadi keinginan Pemkab Muba. “Bila perlu kami akan turunkan tim untuk mengecek langsung di lapangan, guna mensukseskan program yang dicananangkan tersebut, yaitu keluargaku masa depanku,” katanya.

Dia juga menilai sangat tepat, jika semua pihak bersinergi. Turut hadir di acara  audensi dan konsultasi di BKKBN Pusat, Kepala DPPKB Muba Syafarudin, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kabag Humas Herryandi Sinulingga AP, dan Plt Kabag Protokol Pemkab Muba.

(rel)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.