BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

MotoGP Doha: Joan Mir Tuduh Jack Miller Sengaja Menabraknya

Semuanya diawali saat Mir memaksa pebalap Ducati melebar dengan manuver agresif di Tikungan 10, saat mereka memperebutkan tempat kelima di tengah balapan.

Pembalap Suzuki itu mengangkat kakinya meminta maaf saat dia melewatinya, tapi saat dia keluar dari tikungan terakhir di garis yang lebih lebar, Miller melepaskan kecepatan superiornya di garis lurus.

Orang Australia itu melirik ke seberang saat dia melebar ke luar trek, sebelum bersenggolan dan saling bersinggungan di lintasan lurus, tentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Keduanya bisa mengontrol motornya dan menuntaskan balapan, namun tidak dengan emosi masing-masing pembalap yang meledak saat cooldown lap. Dengan Mir finis ketujuh, dua posisi lebih baik dibanding Miller yang finis kesembilan.

“Apa yang terjadi dengan Jack pada belokan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat yang bisa saya pakai menyalip. Saya mengambil posisi yang tepat, dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan garisnya, kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya,” kata Mir dilansir crash.

“Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas. Tidak apa-apa. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi dalam perlombaan, saya ingin meminta maaf, saya suka menghindarinya.

“Kemudian saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya. Saya pergi ke tepi jalan, di luar garis sebanyak yang saya bisa.Dia langsung menyebrang tepat di atas saya dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir menabrak di jalan lurus, itu sangat berisiko, sangat berbahaya. Itu saja. ”

Race Direction mengumumkan selama balapan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil, tetapi Mir merasa itu bukan insiden balapan biasa.

“Menurut saya memang disengaja, tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding. Yang pasti itu harus diselidiki, manuver ini sudah melebihi batas. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala [untuk melihat saya].

“Jika Anda punya waktu, bandingkan gambar Aleix dan saya dengan gambar Jack Miller dan saya sendiri. Aleix Espargaro melebar pada belokan terakhir, dia melihat bahwa saya akan datang. Dia bergerak sedikit ke luar, saya melihatnya juga. Saya tidak datang untuk memukulnya, saya menghormati rival.

“Saya pikir Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Itu adalah manuver yang sama tetapi dengan pengendara yang berbeda, Anda dapat menilai. Untuk tim saya, manuver Jack bukanlah yang terbaik. Mereka akan memutuskan.”

Suzuki kemudian memberi tahu Crash.net bahwa, setelah meninjau video tersebut, mereka telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

Di sisi lain, Miller justru tidak ingin menambah panas, ia  memilih diam atas insiden  dengan Mir.

“Ada beberapa kontak, sedikit kontak di sana-sini. Itu hanya salah satu dari hal-hal itu, semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu,” kata pembalap Australia itu.

“Maksud saya, saya disenggol, saya pikir sudah tiga kali sebelum [insiden itu]. Jadi sepertinya itulah jalannya balapan, itu saja. Dia menatapku setelah balapan, dan aku melihatnya.

“Memang seperti itu, dia melebar dan masuk. Tidak ada orang lain yang peduli dengan keberadaan saya, begitulah keadaannya.”

Miller juga mengungkapkan dia akan memeriksakan lengan kanannya dan mungkin menjalani operasi setelah berjuang dengan bagian arm-pump di lap penutup. (red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.