Banner sumsel

Mohamed Salah Dinobatkan jadi Warga Kehormatan Chechnya

GROZNY, koranindonesia.id – Setelah timnya tersingkir dari Piala Dunia 2018, bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah telah memenangkan hadiah hiburan, dalam bentuk kewarganegaraan kehormatan Republik Chechnya.

Dikutip koranindonesia.id dari dailymail, hari ini Sabtu (23/6/2018), Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov, menulis di Telegram, bahwa ia telah menghadiahkan bintang Liverpool tersebut, dengan gelar warga negara kehormatan,  saat menjadi tuan rumah jamuan makan malam yang digelar Ramzan Kadyrov untuk tim Mesir di Grozny, ibukota Chechnya yang menjadi basis pelatihan tim Mesir saat mengikuti Piala Dunia 2018.

“Mohamed Salah adalah warga kehormatan Chechnya! Itu benar!” tulis Kadyrov, Jumat (22/6/2018) malam.

“Malam ini saya menandatangani sebuah keputusan, untuk memberikan gelar kehormatan yang tertinggi kepada pemain hebat yang bermain untuk Mesir dan Liverpool,” imbuh Kadyrov.

Untuk diketahui, Kadyrov didukung Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatur Republik Chechnya dengan tangan besi, sempat menuai kecaman konstan dari kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Ia dikenal sebagai penggemar sepak bola yang bersemangat dan pada 2013 lalu, sempat pula memanfaatkan sistem alamat publik selama pertandingan yang melibatkan tim Chechnya Akhmat (sebelumnya Terek) untuk menghina wasit secara publik pula.

Mesir tersingkir dari Piala Dunia setelah kalah dari Rusia 3-1 pada Rabu (20/6/2018) WIB, meski Mohamed Salah, kembali beraksi di lapangan hijau untuk tim nasional Mesir, untuk pertama kalinya dalam tiga minggu setelah cedera bahu yang dideritanya, namun tetap tidak mampu menyelamatkan Mesir dari kekalahan. Mesir memainkan pertandingan terakhir mereka melawan Arab Saudi pada Senin (25/6) pukul 21.00 WIB.

Kadyrov mengatakan, bahwa dirinya telah memberikan secara langsung kepada Mohamed Salah salinan surat keputusan dan lencana sebagai warga negara kehormatan tersebut, pada  jamuan makan malam yang digelarnya untuk tim Mesir. “Saya kira Ini adalah kehormatan yang layak!” imbuh Kadyrov.

Pemimpin Chechnya ini juga sebelumnya, telah menghadiahi aktor Prancis Gerard Depardieu dengan gelar kehormatan yang sama. Dia juga mengatakan, bahwa dia yakin tim Chechnya Akhmat akan bermain ramah dengan tim nasional Mesir di Grozny pada masa mendatang.(ded)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.