Banner sumsel

Moderator Debat Capres-Cawapres 2019 Bisa Dipilih Tim Kampanye

JAKARTA,koranindonesia.Id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menentukan moderator debat Capres-Cawapres Pemilu Umum 2019, tapi untuk penentuan siapa yang menjadi moderator bisa dipilih bersama masing-masing tim kampanye paslon.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan untuk saat pemilihan moderator pihaknya akan mengundang masing-masing tim kampanye Paslon. Untuk pemilihan tersebut akan digelar pada Desember 2018. Banyak cara menetapkan moderator bersama tim kampanye paslon. Namun, nantinya moderator ini tetap harus disetujui semua pihak, baik KPU dan kedua tim kampanye paslon.

“KPU menetapkan moderator bisa, dilakukan bersama-sama tim kampanye juga bisa, KPU yang usulkan mereka yang pilih juga bisa, atau mereka yang mengusulkan dan mereka tetapkan sendiri bisa. Banyak polanya, yang penting semua setuju, KPU-nya oke, tim kampanye dua paslon oke, sepakat semua ya,” katanya dihadapan wartawan, di Jakarta, Jumat (30/11/2018)

Diungkapkan Arief untuk moderator sendiri bisa didapat dari kalangan profesional maupun akademisi. Moderator tersebut akan bertugas menyampaikan pertanyaan yang telah dibuat oleh KPU. Meski demikian, moderator tersebut harus profesional dan tidak berpihak pada salahsatu  kandidat dua calon yang bertarung.

“Profesional bisa, Akademisi bisa. Moderator itukan tugasnya hanya mengirimkan pertanyaan kepada pasangan calon, pertanyaan kan sudah dibuat pada para penelis, tapi dicari yang harus netral,” tendasnya.

KPU sendiri menargetkan persiapan debat akan rampung pada Desember. Nantinya debat ini dijadwalkan akan dilaksanakan lima kali, dan akan dimulai pada Januari 2019. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.