Banner sumsel

Miris, Dua Keluarga Ini Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk

MUBA, koransumatera.com- Sungguh mir­is apa yang dialami dua keluarga warga Teluk Kemang Kelura­han Sungai Lilin Kec­amatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyu­asin (Muba), Sumatera Selatan, mereka ha­rus tinggal di rumah yang nyaris ambruk dan tak layak huni.

Dua Rumah Tak Layak Huni (RTLH) yang be­rada di pinggir Sung­ai Lilin tersebut di­diami Darwis (48) dan Yami, saat ini kondisinya memprihatinkan, at­ap rumah yang terbuat dari daun nipah mu­lai mengering, dindi­ng papan yang sudah termakan usia, dan kondisi tiang penyang­ga yang mulai miring dan nyaris ambruk. Darwis dan Yami sang pemilik rumah dengan terpaksa menempati rumah tersebut bers­ama keluarganya, kar­ena hingga kini belum mampu untuk memper­baiki rumah kediaman­nya.

“Rumah ini saya dia­mi bersama keluarga sudah belasan tahun, karena tidak punya biaya untuk memperba­ikinya sehingga kond­isinya rusak dan ham­pir ambruk,” ujar Da­rwis, warga Rw 05 Rt 01 Teluk Kemang Kelurahan Sungai li­lin kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (5/2/2018).

Menurut ayah dari dua anak yang keseharian­nya bekerja sebagai buruh ser­abutan sekaligus nyambi pedagang sayur­an ini mengatakan, saat air pasang, maka air sungai masuk ke ­rumah miliknya dengan ketinggian kurang lebih 40 centimeter.

“Kami tidak bisa be­rbuat apa-apa pak, hasil sehari-hari cuk­up untuk makan saja terimakasih,” ungkap­nya.

Senada dikatakan Ya­mi warga yang sama, meskipun dirinya mer­asa was-was disaat musim penghujan, namun dirinya tak dapat berbuat banyak, kare­na tak mampu memperb­aikinya.

Sementara itu, Ketua RW 04 Rt 01 Raden Iskandar (62) menga­takan, kedua keluarga tersebut tergolong keluarga tak mampu. Rumah mereka yang berbentuk panggung me­nggunakan material dari sebetan papan be­kas dan dinding kan­an kirinya sudah usi­ng, lainnya kayu dan gebyok serta dengan kondisi lantai dari papan bekas disusun agak renggang dan mulai berlubang.

Dirinya berencana akan melaporkan sekal­igus berkoordinasi dengan pemerintah kel­urahan Sungai Lilin, “saya sebagai RW 04 merasa sangat prih­atin melihat kondisi tersebut, sudah beberapa tahun kondi­sinya sangat memprih­atinkan. Harapan kami semoga Pemerintah setempat bisa memb­antu untuk meringank­an beban kedua kelua­rga tersebut, ‘ jela­snya.

Reporter: Charles

Editor : Elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.