Banner sumsel

Minimalisir Golput di Kalangan Milenial, PMKRI Palembang Gelar Dialog Interaktif

PALEMBANG, koranindonesia.id – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Palembang menggelar Dialog Interaktif #kita_indonesia dengan tema “Peran Kaum Milenial dalam Menyukseskan Pemilihan Umum yang Jujur dan Damai” di Ballroom Hotel Princess Palembang, Sabtu (6/4/2019).

Ketua Presidium PMKRI Palembang Kelvin menyatakan, kegiatan dialog interaktif ini digelar pihaknya, dengan tujuan untuk mencerdaskan kaum milenial terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Karena menilai banyaknya kaum milenial yang cenderung memilih golput akibat minimnya informasi mengenai Pemilu 2019. “Tujuannya mencerdaskan kaum milenial mengenai pemilu,” ujar Kelvin.

Dialog dibuka dengan obrolan bareng tokoh milenial Berliana Permatasari, Puteri Indonesia 2018 asal Sumsel. Dalam dialog ini, Berliana mengajak segenap kaum milenial datang ke TPS pada 17 April nanti. “Ayo seluruh kaum milenial datang ke TPS, 17 April nanti,” ajaknya.

Selain Berliana, Dialog Interaktif PMKRI Palembang ini juga menghadirkan sejumlah narasumber seperti Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara, yang hadir untuk memberikan materi mengenai kondisi Indonesia secara terkhusus Sumsel berkaitan masa kampanye saat ini, hingga kedepannya.

Salah satu materi yang dijelaskan berkaitan dengan bagaimana bahayanya hoaks di masa kampanye saat ini. Selain itu, ia juga menuturkan Indonesia ke depan di 2030 memiliki kesempatan menjadi negara yang memiliki perekonomian terbaik ke 4 setelah Amerika Serikat.

Acara ini sendiri dihadiri kurang lebih 200 peserta, dari banyak latar belakang organisasi dan kalangan berbeda. Ditambah sejumlah tamu undangan dari berbagai latar belakang organisasi, mulai dari Cipayung Plus, Orang Muda Katholik, serta organisasi dan komunitas pemuda lainnya yang tersebar di Kota Palembang.

Pengetahuan berkisar pemilu ini selanjutnya lebih diulas secara mendalam bersama pemateri lainnya, mulai dari Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Ahmad Fajrihidayat mewakili Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya sebagai akademisi, dan juga Tomson Sabungan Silalahi selaku Sekretaris Jendral (Sekjen) PP PMKRI.

Untuk pembahasan lanjutan ini, pemateri lebih terfokus informasi berkisar pertanyaan, bagaimana mengenali para calon legislatif dan juga regulasi mengenai kampanye, dan pemilu nantinya. Peserta pun terlihat ikut memberikan respon postif, tampak dari keterlibatan aktif peserta dalam kesempatan tanya jawab diakhir acara.

Apresiasi pun berdatangan, mulai dari peserta hingga dari pemateri sendiri. Salah satu peserta Mery Oktaviani mengaku, acara ini sangat bermanfaat, yang tadinya belum tahu mengenai bagaimana cara pindah tempat memilih menjadi tahu.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.