Minim Pendonor, Stok Darah UTD PMI OKU Kosong

BATURAJA, koranindonesia.id – Minimnya sukarelawan pendonor darah di Bumi Sebimbing Sekundang, mengakibatkan stok persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) mengalami kekosongan.

Hal ini diungkapkan Kabid Pelayanan UTD PMI OKU, Dedi Arisandi, saat dibincangi, Jumat (1/2/2019). Dikatakan Dedi, Kekosongan stok darah ini sudah terjadi sejak dua hari belakangan, menurutnya hal ini dikarenakan tingginya permintaan darah dari rumah sakit. “Sementara pendonor sukarela minim,” ungkapnya.

Kekosongan stok darah ini lanjutnya, terjadi pada semua jenis golongan darah. Mulai dari golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB serta golongan darah O. Alhasil, saat ini tak ada lagi persediaan darah yang berlabel apalagi yang dipesan, tersimpan di tempat penyimpanan.

Meski begitu, Dedi mengklaim, bahwa warga yang butuh darah tetap terlayani, melalui donor darah pengganti dan donor darah keluarga. Dijelaskan Dedi, Stok darah sendiri bisa bertahan di ruang penyimpanan khusus dengan suhu 2 – 6 derajat celcius selama 30 hari. “Kita butuh pendonor-pendonor baru agar darah selalu tersedia,” tukasnya.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.