Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Meski Sudah Zona Hijau, Ini Kata Anies Baswedan Soal Perpanjangan PPKM Level 4

JAKARTA, koranindonesia.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa DKI Jakarta saat ini masuk zona hijau.

Terkait keputusan perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, kata dia, merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Namun begitu, Anies mengaku sangat memahaminya, karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam memperpanjang kebijakan tersebut.

Salah satunya, lanjut Anies, berkaitan dengan kondisi penanganan Covid-19 di daerah-daerah penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

“Yang dipertimbangkan pemerintah pusat itu adalah karena tetangga kanan-kiri masih belum 100 persen terkendali, maka bila ada perubahan di Jakarta, dikhawatirkan terjadi lonjakan kembali,” kata Anies dalam video yang diunggah di akun YouTube Gelora TV, Minggu (22/8/2021).

Anies menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota telah mencapai 103 persen. Namun, dia mengatakan, kondisi berbeda terjadi di wilayah Bodetabek lantaran pelaksanaan vaksinasi belum mencapai 50 persen.

Kasus aktif di Jakarta pun terus mengalami penurunan. Sebelumnya, kasus aktif virus corona di Ibu Kota pernah mencapai 113 ribu orang pada Juli 2021 lalu. Sekarang tinggal 8.000 sampai 9.000 kasus aktif. Jadi dalam waktu satu bulan itu turun secara drastis.

“Sebaliknya tetangga-tetangga kita ada yang 15 persen, ada yang 20 persen, ada yang baru 30-an persen (capaian) dari vaksinasi. Kasusnya aktifnya pun masih belum stabil,” kata dia. (Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.