Banner sumsel

Merampas Senpi Aparat, Pelaku Penodongan Didor Polisi

Lubuklinggau,koranindonesia.id – Jajaran  Polsek Lubukkinggau Barat berhasil mengamanka pelaku Curas Agus Waluyo  alias Gatot (37) warga Desa Lesung Batu Muda Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Penangkapan tersangka berdasar Laporan Polisi Nomor : LP /B- 17/ II 2018 / Sek Brt tanggal 19 Februari 2018 dengan korban Riki Saputra yang merupakan tukang ojek warga Jalan Pematang jaya Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Peristiwa itu terjadi Senin 19 Februari 2018 pukul 09.00 wib bertempatan di jalan Pematang jaya Kecamatan Lubuklinggau Barat saat itu korban hendak mencarai penumpang disetop oleh pelaku Agus alias Gatot, kemudian pelaku minta diantar ke daerah perumnas Lubuk Tanjung, saat itu pelaku mengajak lewat jalan kelurahan sukajadi dan tepatnya di depan rumah Kepala perhubungan kota Lubuk linggau.
Setelah itu, pelaku langsung menyetop korban dan menodongkan senjata api rakitan kearah kaki korban sambil mengatakan serahkan motor Saudara dan saat itu juga korban merasa ketakutan langsung menyerahkan sepeda motor milik korban kepada pelaku.

Kemudian pelaku berhasil mengusai motor dan langsung kabur membawa sepeda motor korban. Setika korban berlari dan berteriak bahwa dirinya ditodong, mendengar suara teriakan korban pelaku langsung melarikan diri dengan membawa sepeda motor korban Honda Revo BG 3364 HV.

Pelaku membawa sepeda motor kearah desa Lesung batu Kecamatan Rawas ulu Kabupaten Musi Rawas Utara. Setelah itu pelaku menjual sepeda motor kepada Pisol seharga Rp2500.000. Oleh tersangka uang itudigunakan untuk membeli sabu seharga Rp 500.000 dan sisanya  digunakan pelaku untuk keperluan sehari hari.
Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat Iptu Sofian Hadi mengatakan, setela
mendapatkan laporan dari korban unit reskrim Polsek Lubukkinggau Barat langsung mendatangi TKP dan menyelusuri tempat awal pelaku naik dàn menyetop korban.

“Ternyata ada salah satu warga yang melihat pelaku menyetop korban, dan salah satu warga melihat dan mengatakan bahwa pelaku penodongan tersebut merupakan anak Paidi,” kata Kapolsek, Minggu (4/3/2018).

Sofian mengatakan, saat itu, pelaku menyetop korban didepan rumah orang tuanya berdasarkan info tersebut petugasnya langsung mendatangi rumah Paidi merupakan orang tua pelaku dan menjelaskan bahwa memang benar anaknya  Gatot datang kerumahnya dan sempat tidur teras rumahnya.

“Kita minta pada orang tua pelaku untuk menunjukan foto anaknya Gatot kepada korban dan korban mengatakan bahwa benar yang melakukan penodongan terhadap dirinya adalah Gotot. Mendapat kepastian pelakunya adalah Gatot.  Pihaknya langsung melakukan lidik untuk mengetahui keberasaan pelaku.  mendapat info  bahwa pelaku sedang berada dirumah di Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas ulu Kabupaten Musi Rawas Utara,   unit reskrim Polsek Lubukkinggau barat langsun meluncur dan kordinasi dengan Polsek Rawas Ulu dan dilakukan pegintaian terhadap pelaku. Alhasil pengintai terhadap pelaku sedang berada di rumahnya, selanjutnya dilakukan  pengerbekan dirumahnya ternyata pelaku mengetahui kedatangan polisi dan menutup rumah sambil memadamkan semua lampu listrik bagian dalam dan kurang lebih setengah jam menunggu sambil membujuk agar pelaku keluar rumah untuk menyerahkan diri, namun pelaku tidak menghiraukan dan dilakukan pendobrakan pintu bagian depan rumah pelaku.
“Dilakukan pemeriksaan ternyata pelaku bersembunyi didalam Bak kamar mandi dan pelaku berhasil diamankan serta dilakukan pengeledahan dirumahnya didapat senjata api rakitan dibawa lemari es dengan empat butir amunisi. Senjata tersebut merupakan alat yang digunakan pelaku waktu melakukan aksinya terhadap korban. kemudian pelaku dibawa guna untuk menunjukan TKP dan pengembangan BB. Ternyata pada saat hendak turun dari mobil, pelaku melakukan berontak, melawan aparat kepolisian serta berusaha merampas senpi petugas. Sehingga petugas mengambil tindakan tegas terukur.
Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan Barang bukti berupa 1 pucuk Senpi Rakitan, 3 amunisi jenis FN serta 1 buah amunisi jenis colt 38.
Reporter : shandi april
Editor : elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.