Banner pemprov Sumsel

Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Rutan Solo Siapkan Berbagai Kegiatan Sosial

SOLO, koranindonesia.id – Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Kota Solo mengadakan berbagai kegiatan sosial. Tak hanya di kalangan internal semata, kegiatan sosial ini juga menyasar kepada masyarakat di luar tembok penjara.

Kepala Rutan Solo, M Ulin Nuha mengatakan, kegiatan sosial menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan 2019 di Rutan Solo diawali dengan donor darah. Kegiatan ini melibatkan petugas maupun warga binaan di dalam Rutan Solo.

Tak sampai disitu, nantinya kegiatan sosial juga akan dilakukan mulai dari pengecatan, perawatan ruang tahanan hingga pemeliharaan fasilitas lainnya dalam Rutan. “Nantinya, akan ada kegiatan sosial lain sebagai rangkaian hari Bahkti Pemasyarakatan ini,” terang Ulin kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Sedangkan, untuk kegiatan eksternal yang akan dilakukan oleh warga binaan diantaranya bersih masjid warga, bersih fasilitas umum hingga pemberian bantuan kepada masyarakat dari para warga binaan Rutan Solo. “Warga binaan juga dilibatkan untuk kegiatan di luar Rutan. Ini supaya warga binaan bisa re-integrasi dengan masyarakat,” kata Ulin.

Rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan, juga diisi dengan layanan khusus bagi pengunjung dari para warga binaan. Melalui momentum ini, pihaknya berharap mampu kembali memulihkan mental warga binaan supaya dapat kembali ke masyarakat.

“Semoga, mereka tidak kaget saat bersosialisasi dengan masyarakat. Mengingat, selama menjadi warga binaan mereka hanya berkumpul dengan sesama penghuni Rutan. Melalui kegiatan ini, sedikit-demi sedikit bersinggungan dengan masyarakat umum lainnya,” jelas Ulin.

(ali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.