Banner sumsel

Menu Makanan Sehat untuk Sahur agar tidak Cepat Lapar Ketika Puasa

PALEMBANG, Koranindonesia,id — Makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh besar dalam hal menjaga stamina tubuh saat sedang berpuasa. Jika makanan yang dikonsumsi tidak memiliki nilai gizi yang baik, maka tubuh Anda akan mudah lemas dan cepat lelah.

Agar Anda tetap fit dan kuat berpuasa seharian meskipun banyak kegiatan yang dikerjakan, cobalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini saat sahur.

Ramadan bukan halangan untuk bermalas-malasan dan mudah lelah. Tidak hanya menahan lapar dan haus, seharusnya Ramadan menjadi momen untuk mengendalikan diri. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga stamina selama puasa? Yup, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Berikut adalah beberapa makanan berenergi tinggi yang cocok buat menu sahur. Biar badanmu nggak lemas selama puasa. Seperti di lansir dari laman hipwee.com sebagai berikut:

1. Pisang

Tentunya selain murah dan mudah kita dapatkan, buah satu ini kaya akan serat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu vitamin B yang terkandung dalam pisang juga dapat mempromosikan energi dalam waktu yang cukup panjang.

Jika kamu tidak suka makan buah ini secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi kolak, maupun jus pisang.

2. Telur

Selain kaya akan protein yang berguna untuk regenerasi sel dan pembentukan otot, kandungan vitamin B kompleks dan juga vitamin D yang cukup tinggi. Hal ini membuat sintesis energi dalam tubuh ledih efektif dan maksimal.

Namun ada baiknya konsumsi telur 5-7 buah saja dalam seminggu. Dikarenakan kandungan kolestrol yang tinggi pada kuning telur tersebut.

3. Bayam

Masih ingat popeye makan bayam jadi kuat? yup, ternyata itu ada benarnya juga loh! Menurut penelitian di Swedia senyawa nitrat dalam bayam mampu meningkatkan efisiensi mitokondria dalam memproduksi energi. Mitrokondria sendiri adalah organel sel yang bertugas untuk menghasilkan energi.

Dalam pengolahannya bayam hanya bisa bertahan 4-6 jam, dan tidak boleh dipanaskan. Jadi sebaiknya makan bayam sesaat setelah memasaknya.

4. Daging ikan

Ikan tuna, salmon, sarden, bandeng, dan sejenisnya merupakan sumber protein yang lengkap, asam lemak omega-3, vitamin D, serta vitamin B kompleks. Dimana kandungan tersebut membantu dalam meningkatkan produksi energi tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Di sisi lain salmon dan tuna dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Sebaiknya daging ikan diolah dengan cara direbus atau dikukus, hindari pengolahan secara digoreng.

5. Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Karbohidrat kompleks sendiri mempunyai struktur kimia yang lebih rumit daripada karbohidrat pada umumnya, sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memecah dan menyerapnya. Oleh karena itu kita dapat merasa kenyang lebih lama.

6. Kurma

Biasanya kurma dikonsumsi sebagai takjil saat buka puasa. Namun kurma sangat bagus dikonsumsi saat sahur juga. Hal itu karena kurma kaya akan mineral dan juga gula alami yang dapat meningkatkan pasokan energi dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi 4-6 biji kurma saat sahur.

Nah itu dia beberapa rekomondasi menu makanan tinggi energi yang cocok dikonsumsi saat sahur. Selamat menjalankan ibadah puasa! Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.