Menteri Puan Pantau Sejumlah Titik Arus Mudik 2018

JAKARTA,koranindonesia.id-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Puan Maharani meninjau langsung kesiapan arus mudik lebaran tahun 2018 di 3 titik kunjungan, Minggu (10/6/2018).

Beberapa titik yang dipantau Menko PMK yaitu : Pos Polisi Cikopo, Jabar – Rest Area Penarukan, Brebes, Jateng – Pos Pelayanan Gerbang Tol Kertasari, Jateng – Pos Pelayanan Rest Area KM 575 Ngale, Paron, Ngawi, Jatim.

“Syukur Alhamdulillah kita semua sudah sampai di sini dalam rangka melihat langsung arus jalur mudik masyarakat yang akan pulang ke kampung masing-masing, khususnya yang dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” ujar Menko Puan mengawali keterangan pers di sekitar Gerbang Tol Cikopo seperti dilansir setkab.go.id.

Dalam perjalanan, Menko PMK mengakui masih terlihat kepadatan jalur mudik dari Jakarta menuju Bekasi, dan dari Bekasi hingga ke gerbang Cikarang Utama. Dalam kesempatan itu, Menko PMK berharap aparat keamanan terus mengantisipasi dan memantau perkembangan arus mudik.

“Pemerintah sudah memberikan libur lebaran dan cuti bersama panjang, salah satunya adalah untuk mengantipasi arus mudik. Kami berharap masyarakat yang akan pulang mudik itu bisa lancar, keselamatannya terjaga, guyub, tertib, dan bahagia,” tambah Menko Puan.

Peninjauan jalur mudik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dilakukan untuk memastikan agar masyarakat mudik dalam keadaan aman dan nyaman. Peninjauan difokuskan pada kesiapan aparat keamanan, kelancaran lalu lintas, pelayanan kesehatan, dan pelayanan lainnya.

Ditambahkannya, masyarakat dapat memanfaatkan pos pelayanan yang disiapkan pemerintah apabila membutuhkan bantuan dan berhenti sejenak untuk berisitirahat saat perjalanan mudiknya.

Disampaikan pula, Menko PMK meminta Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan Jasa Marga untuk memastikan kecukupan rest area. Pos kesehatan juga disiapsiagakan oleh Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

“Saya mengimbau, tetap utamakan keselamatan, selalu menjaga ketertiban berlalu lintas. Selamat sampai tujuan”, pungkasnya. (ard)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.