Banner Pemprov Agustus

Menteri ESDM: Biodiesel Berperan dalam Ketahahan Energi

Jakarta,koranindonesia.id-Biodiesel  memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan energi nasional.

Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan rencana strategi pengembangan biodiesel melalui mandatori B30 dan B40.
Hal itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/1/2021).
Menurut Arifin,  pemerintah tengah berupaya mengembangkan berbagai bahan baku dari sumber daya alam domestik lainnya sebagai pengganti kelapa sawit.
Pengembangan ini disertai dengan meminimalkan pembukaan lahan atau hutan.
“Kementerian ESDM bekerja sama dengan stakeholders terkait untuk menggunakan lahan reklamasi, atau pasca tambang dan mengupayakan tanaman yang cocok berdasarkan kondisi lahan dan iklim,” katanya.
Hingga 2020, kata Arifin, realisasi pemanfaatan biodiesel untuk kebutuhan domestik sebesar 8,46 juta kiloliter (KL).
Pemanfaatan biodiesel ini berdampak pada penghematan devisa sebesar Rp38,31 triliun berdasarkan perhitungan menggunakan rata-rata MOPS solar 2020 sebesar US$ 50 per BBL dengan kurs Rp14.400 per dolar AS.

Selain itu, Arifin menuturkan  beberapa inovasi  menuju netralitas karbon melalui co-firing PLTU,  dan penggantian diesel dengan pembangkit listrik energi terbarukan.

“Pemerintah bersama BUMN, PT Pertamina (Persero), tengah mengembangkan Green Refineries untuk memproduksi Green Diesel,” ujarnya

Ia menambahkan, pemerintah akan menyiapkan dukungan regulasi, insentif, dan infrastruktur pendukung, termasuk mendorong pengembangan industri pendukung.

B30 adalah  pencampuran 30 persen Biodiesel dengan 70 persen bahan bakar minyak jenis Solar, yang menghasilkan produk Biosolar B30.
B40 yang merupakan campuran 40 persen biodiesel dan 60 persen solar.
Sebelumnya, pemerintah menyatakan butuh kestabilan harga biodiesel agar program pengembangan biodiesel mulai dari B30 dan seterusnya dapat  berlanjut.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.