Menteri BUMN Lepas Keberangkatan 250.447 Peserta Mudik Gratis 2019

JAKARTA,koranindonesia.id-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melepas keberangkatan 250.447 peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh 104 BUMN dengan mengerahkan 3.897 bus, 186 gerbong kereta api, 138 kapal laut, dan 76 penerbangan.

Berdasarkan perhitungannya, total anggaran yang telah dikelurkan untuk mudik gratis ini mencapai Rp100 miliar. Dikatakannya BUMN melayani untuk pergi dan pulang. Dengan anggaran Rp400.000 per orang rata-rata, maka total cost Rp100 miliar.

Dalam sambutannya, Rini juga mengatakan penyelenggaraan mudik gratis ini sebagai bentuk sinergi BUMN dalam mewujudkan komitmen BUMN hadir untuk negeri. Dipaparkannya mudik gratis ini merupakan program setiap tahun yang dilakukan BUMN.

“Saya berharap para pemudik selamat sampai tujuan, begitu juga dengan kembali ke Jakarta,” ungkapnya usai melepas para pemudik gratis di Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kamis (30/05/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Umum Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan kegiatan mudik bareng BUMN 2019 diselenggarakan berdasarkan keputusan Menteri BUMN tentang pembentukan satuan tugas.

“Hal ini sejalan dengan program pemerintah mudik bareng, asyik, lancar. Juga, mewujudkan sinergi BUMN untuk bisa bersinergi. Baik itu Damri, PT KAI, Pelni, dan ASDP, serta Garuda Indonesia Group” terangnya.

Dalam Mudik Bareng BUMN 2019 ini, perusahaan pelat merah mengangkut para pemudik dari 80 kota keberangkatan. Adapun tujuannya yakni 164 kota di Pulau Jawa dan 99 kota di luar Pulau Jawa. Diakuinya mudik gratis dengan BUMN ini sudah kelima kalinya diselenggarakan. Mudik tahun ini juga mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) karena mencatat jumlah pemudik terbesar dan melayani kota tujuan terbanyak.

“Ini menunjukkan keberangkatan tidak hanya di Jawa, tapi seluruh Indonesia kami layani. Seluruh moda (transportasi) dilakukan pemeriksaan dan memenuhi aspek keselamatan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku,” tegasnya

Di akhir acara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang juga turut hadir, mengapresiasi kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019. Hal itu, menurutnya, sejalan dengan tema mudik tahun ini.

“Ini merespon ajakan Pak Presiden Jokowi agar mudik kali ini harus lebih baik, dan ini dilakukan oleh BUMN,” pungkasnya.

Dalam acara seremoni pelepasan pemudik gratis bareng BUMN 2019 itu, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Umum Jasa Raharja Budi Rahardjo. Sekitar pukul 08.50 WIB, Rini Soemarno didampingi Budi Karya dan Budi Rahardjo secara simbolis memberangkatkan para pemudik gratis di Gelor Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan. (erw)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.