Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Mensos Tinjau Warga di Kali Ciliwung

Jakarta,koranindonesia.id-Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, mengawali kegiatan dengan meninjau permukiman warga yang terletak di bantaran kali Ciliwung, Jakarta Pusat.

Berdasarkan akun Twitter resmi Kementerian Sosial (@KemensosRI), Risma didampingi pejabat Kemensos.

“Selamat pagi, #SobatSosial. Apa aktivitasmu hari ini? Nggak kerasa sudah pekan terakhir tahun ini. Tetap semangat! Salam dari Mensos Risma yang pagi ini mengawali hari kerja dengan meninjau warga sekitar bantaran Kali Ciliwung, Kel. Pegangsaan, Kec. Menteng, Senin pagi (28/12/2020),” tulis akun Twitter @KemensosRI, Senin (28/12/2020).

Risma didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat dan Inspektur Jenderal Dadang Iskandar.

Pada kesempatan pertama dari atas jembatan, tepatnya di Fly Over Pramuka, Mensos Risma berdialog dengan seorang pemulung dengan gerobaknya yang bersiap melakukan rutinitas pagi bersama istrinya. Risma berdialog menanyakan berbagai hal kepada pasangan suami-istri ini.

Dari hasil memulung, mereka mendapatkan hasil Rp800 ribu/bulan. Sebagian dari penghasilan tersebut dikirimkan untuk anak mereka di kampung.

“Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi ngga perlu ada biaya ngontrak. Tetep cari sampah seperti ini, nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya,” kata Risma.

Setelah berdialog sekitar 30 menit, selanjutnya rombongan terus bergerak. Setelah tadi di atas jembatan, kali ini, Risma memilih turun ke bawah jembatan.

Untuk keperluan itu, ia harus rela memanjat tangga kayu seadanya yang sengaja dipasang warga setempat.

Selain itu, Risma juga menyaksikan beberapa keluarga yang sengaja tinggal di bawah kolong jembatan.

Di salah satu sudut, tampak salah satu lokasi hunian gelandangan.

Dari sini dia terus menyusuri bantaran kali sambal menyapa satu-satu penghuni di sepanjang area tersebut. Kepada warga bantaran yang menyaksikan kedatangan rombongan ini, Risma menyampaikan lagi keinginannya untuk mengubah nasib mereka.

Risma menyatakan tidak akan mengubah gaya kepemimpinannya seperti saat dia menjabat Walikota Surabaya, Jawa Timur.

“Saya akan tetap blusukan sebelum ke melakukan tugas-tugas rutin sebagai menteri,” ujarnya.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.