Banner Pemprov Agustus

Menkes Pesan Nakes Kejar Suntikan Pertama Vaksin COVID-19

Jakarta,koranindonesia.id-Menteri Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan dengan dilaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini menandakan bahwa pemberian vaksin batch pertama sudah selesai dan bisa dilakukan waktu yang singkat.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh untuk memotivasi seluruh tenaga kesehatan (nakes) seluruh Indonesia agar mereka mengejar suntikan yang pertama. Jika sudah selesai bisa segera menyelesaikan suntikan kedua,” kata Menteri Budi Rabu (27/1/2021).

Lanjut Menteri Budi, hal yang perlu diingat bahwa setelah suntikan kedua juga membutuhkan waktu agar antibodi terbentuk, sekitar dua hingga tiga minggu. Setelahnya, diharapkan resiko tertular COVID-19 semakin kecil.

Jadi, kata Menteri Budi, dengan divaksin nakes bisa bekerja dengan tenang karena beresiko tinggi. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada dua hal harus disadari terkait orang yang terpapar COVID-19 mencapai satu juta.

Pertama, ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah dan masyarakat Indonesia terkait satu juta orang terpapar COVID-19. Kemudian lebih dari 600 nakes yang gugur menghadapi pandemi ini. Kedua, harus bekerja lebih keras lagi sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan terutama nakes tidak sia-sia.

“Mematuhi protokol kesehatan 3M sangat penting dan dari sisi Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa program testingtracing, dan isolasi mandiri bisa dilakuan dan dieksekusi dengan baik,” kata Menteri Budi.

Presiden Joko Widodo bersama para tokoh termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua pada hari ini Rabu (27/1/2021). Sebelumnya suntikan pertama dilakukan pada 13 Januari 2021 lalu. (ydr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.