Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Menjadi Tuan Rumah Peringatan Global Hari Habitat Dunia, Surabaya Tekankan Peran Sentral Rumah di Tengah Pandemi

Surabaya,koranindonesia.id-Surabaya menjadi tuan rumah Peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020 yang diselenggarakan secara virtual di Surabaya (5-6/10/2020). Dilansir dari situs kemenlu,peringatan tersebut ditutup dengan pesan mengenai pentingnya rumah sebagai hak dasar manusia. Di tengah pandemi yang saat ini terjadi, rumah memainkan peran yang sangat sentral karena saat ini sebagian besar kegiatan dilangsungkan dari rumah.

“Rumah menjadi benteng dasar untuk kesehatan dalam melawan pandemi,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan. Sejalan dengan Presiden, UN Special Rapporteur on the reight to adequate housing, Balakrishnan Rajagopal menyampaikan bahwa rumah menjadi lini pertahanan pertama dalam menghadapi situasi krisis, termasuk pandemi Covid-19. “(saat ini) masalah perumahan adalah masalah hidup atau mati,” ungkapnya.

Pemilihan tema peringatan global Hari Habitat Dunia tahun ini “Perumahan untuk Semua: Masa Depan Perkotaan yang Lebih Baik” dinilai sangat tepat di tengah tantangan saat ini, terutama yang disebabkan oleh COVID-19. Dari diskusi yang dipusatkan di Surabaya, terungkap bahwa terdapat sejumlah gagasan dan inovasi yang bisa dipelajari dan disebarkan baik dalam menghadapi krisis dan dalam pembangunan pasca-krisis.

Dari contoh Kota Surabaya, seluruh peserta belajar bahwa wilayah kumuh dan perkampungan tidak harus digusur dan digantikan dengan permukiman modern. Sebaliknya, wilayah kumuh dan perkampungan perlu ditata dan diberikan fasilitas serta akses sehingga warganya dapat hidup dengan lebih baik. “Kampung harus dilindungi dan dijadikan sebagai warisan urban,” ujar Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dalam paparan pada hari kedua. “Pemerintah kota Surabaya menata kampung dengan meningkatkan infrastruktur, menambah penerangan umum, dan edukasi serta pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat,” tambahnya.

Sejak diperingati pertama kali pada tahun 1986, perhelatan yang mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan di bidang perkotaan dan permukiman berkelanjutan selalu dilangsungkan melalui kegiatan fisik. Situasi tahun ini telah membuat peringatan Hari Habitat Dunia dilakukan dengan sangat berbeda, yaitu secara daring. Tercatat terdapat sekitar 900 orang yang mengikuti pembukaan melalui aplikasi zoom dan ratusan lainnya menonton melalui siaran langsung youtube. Kota Surabaya banyak mendapatkan pujian dari pelaksanaan peringatan bersejarah tersebut. Dalam berbagai kesempatan, panelis selalu menyelipkan ucapan terima kasih kepada Surabaya. (ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.