Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba Bayar Pajak

Menhan: Kerja Sama Pertahanan Kawasan Samudera Hindia Sangat Penting

JAKARTA, koranindonesia.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebutkan kerja sama pertahanan di kawasan Samudera Hindia sangat penting untuk menghadapi ancaman di masa depan.

Menhan Prabowo mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen TNI M Herindra saat menjadi pembicara kunci dalam Indian Ocean Region (IOR) Defence Minister Conclave yang diikuti oleh 26 negara sahabat, secara video conference di Kemhan, Jakarta, Kamis.
Menurut Prabowo dalam pertemuan ini amat penting sebagai upaya meningkatkan kerja sama dalam menjaga perdamaian dan keamanan di antara negara-negara di kawasan Samudera Hindia.
“Hal ini demi kepentingan bersama terutama karena peningkatan kompleksitas tantangan dan ancaman yang terjadi di kawasan Indo Pasifik saat ini dan di masa depan,” katanya dalam keterangan pers.
Menjalin kerja sama yang erat dan saling memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan kawasan melalui kerja sama pertahanan dan keamanan, kata mantan Danjen Kopassus ini, adalah hal yang sangat penting.
“Dan forum IOR Defence Minister Conclave ini merupakan forum yang strategis untuk membicarakan kerja sama pertahanan kawasan tersebut,” kata Menhan Prabowo.
Samudera Hindia merupakan samudera terbesar ketiga dan termasuk di antara jalur komunikasi laut terpenting di dunia, serta menjadi jalur penting bagi perdagangan dan transportasi internasional.
Selain itu, negara-negara di Kawasan Samudera Hindia adalah rumah bagi sekitar 2,7 miliar orang atau sekitar 35 persen dari populasi dunia dengan keanekaragaman budaya, sumber daya alam yang melimpah dan potensi ekonomi serta signifikansi geopolitik.
Hal lainnya yang disampaikan Menhan RI adalah mengenai pandemi COVID-19 yang menggoyahkan kemampuan ekonomi negara-negara di kawasan ini dan harus dihadapi bersama-sama.
Oleh karena itu, tambah Prabowo, peningkatan kesejahteraan negara-negara di kawasan sangat tergantung pada perdamaian dan keamanan kawasan.
Forum yang berlangsung secara virtual tersebut, dihadiri Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason serta Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan, dilansir antara.

 

(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.