Banner Pemprov Agustus

Mengelola Stress

JAKARTA,koranindonesia.id--Stress tidak pernah lepas dari kehidupan Kamu. Mulai dari permasalahan di tempat kerja, bertengkar dengan teman, perkara rumah tangga, hingga tagihan- tagihan yang harus Kamu bayarkan. Namun, Kalian tidak butuh khawatir. Meski stress mengikuti kemana juga Kalian berangkat, Kalian sanggup kok hidup bebas dari stres.

Nah, membahas manajemen stress ada baiknya kalian paham dulu sih tentang stress dan penyebabnya, agar menemukan penindakan yang pas. Stress sendiri merujuk pada asumsi psikologis tentang“ tekanan” saat mengalami kasus umumnya, dan respon tubuh terhadapnya. Tidak cuma itu stres juga melibatkan banyak sistem dari metabolisme otot hingga memori. Anggapan ini nantinya memicu sistem respon otomatis, yang dikenal dengan respon melawan- atau- lari yang diaktifkan oleh sinyal hormonal.

 

Stress biasanya dapat timbul sebab adanya peristiwa yang memicu baik itu internal dan eksternal. Misalnya tiba- tiba dimarahi terus terancam kehilangan pekerjaan, pekerjaan menumpuk jadi bingung membagi waktu, bimbang mikirin utang, dan sebagainya. Peristiwa ini kemudian memicu aliran hormon, termasuk adrenalin dan kortisol, yang melonjak ke seluruh tubuh.

Hormonini berfungsi tingkatkan detak jantung dan perputaran darah guna menunjang aksi cepat, memobilisasi lemak dan gula buat energi, memusatkan perhatian buat melacak bahaya, mempersiapkan otot guna bergerak, dan banyak lagi. Setelah itu menimbulkan respon buat menyelesaikan permasalahan. Isyarat jika kalian lagi mengalami stres biasanya kamu tidak dapat tidur, sakit perut, otot tegang, jantung berdegup kencang, sulit berkonsentrasi, keletihan.

Bila kamu sudah mengalami isyarat ini kamu dapat mempraktikkan manajemen stress buat meredakannya, yang akan dibahas selanjutnya.

  1. Menarik napas dalam- dalam
  2. Menyalakan musik yang menenangkan kala bekerja dan bersantai.
  3. Latihan meditasi, kamu bisa memulainya dengan menutup mata sambil menarik napas dalam- dalam. Hitung napas disaat menghembuskan napas secara lama- lama buat membantu menenangkan benak yang gelisah.
  4. Mandi air panas maupun berendam di bak mandi air panas. Air panas memberikan sensasi menenangkan dan melemaskan otot.
  5. Lakukan hal kreatif yang kamu gemari. Semacam membuat sketsa, menyanyi, menari, membuat perhiasan, berkebun.
  6. Berdialog dengan teman serta keluarga dapat jadi hal yang berarti disaat dalam kondisi stress. Dengan berdialog, tidak cuma kita dapat mencurahkan isi hati terhadap permasalahan yang tengah dialami, pula sanggup mendekatkan jalinan dengan orang tersebut.

Mudah- mudahan artikel ini membantu

(ard)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.