Banner Pemprov Standar

Mengalami Pendangkalan, Waduk Pluit Penjaringan  akan Dikosongkan 

JAKARTA,koranindonesia.id– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengosongkan Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut) karena waduk seluas 80 hektare tersebut sekitar sepertiganya mengalami pendangkalan.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengatakan karena kondisi cuaca di Jakarta pada beberapa hari belakangan mendung dan diguyur hujan gerimis, maka pengosongan waduk perlu dilakukan sampai air dalam kondisi Low Water Level.

Dikatakannya pendangkalan Waduk Pluit terjadi karena kondisi permukaan air mengalami penurunan dari kedalaman maksimal yang mampu ditampungnya. Pihaknya pun akan terus melakukan pemeliharaan sedimen untuk mencegah pendangkalan. Juga demi memastikan agar waduk selalu siap menampung hujan maupun luapan sungai dari hulu.

“Yang kelihatan sedimennya itu sekitar sepertiga waduk. Yang lainnya sudah dikerjakan, sudah tebal airnya (dibandingkan sedimen),” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima koranindoneisa.id, di Jakarta pada Selasa, (11/06/2019).

Dijelaskannya Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta juga telah mengerahkan 6 unit eskavator amfibi dan rencananya akan ditambah menjadi 13 unit untuk memaksimalkan pengerukan sedimen di kawasan Waduk Pluit. Metode pengerukan sedimen dilakukan dengan cara mengeruk secara estafet menuju pinggir waduk untuk selanjutnya diangkat maupun dibentuk menjadi tanggul.

Ditambahkannya 10 pompa air yang terdapat di Waduk Pluit terus bekerja untuk mengalirkan air waduk ke laut dan menjaga permukaan air waduk di bawah 1,9 meter dari ketinggian normal, sehingga tinggi muka air diharap bisa surut sebagai upaya persiapan musim hujan. Adapun permukaan sedimen yang terlihat saat ini masih dalam kondisi Low Water Level.

“Jarak tinggi muka airnya pun masih berada di batas atas tanggul (Top Water Level)yakni sekitar 4,9 meter, sehingga kapasitas waduk cukup besar untuk menampung tambahan air setelah hujan maupun luapan sungai dari hulu,” tandasnya. (erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.