Banner sumsel

Mendagri : Peraturan di Indonesia Banyak Tumpang Tindih dan Membingungkan

JAKARTA,koranindonesia.id-Banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air Indonesia membuat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan.

Hal ini dikatakan Tjahjo saat pemaparan 4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di gedung Sekretariat Negara. Diungkapkannya terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara peraturan.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo menyampaikan ada 43.866 peraturan mulai dari undang-undang sampai peraturan gubernur, bupati, wali kota yang meliputi setiap proses pengambilan kebijakan politik pembangunan di setiap tingkatan. Banyaknya peraturan di setiap tingkatan itu menyebabkan peraturan menjadi tumpang tindih dan membingungkan.

“Kami telah mencoba membatalkan 3.300 lebih peraturan daerah dan Kemendagri untuk mempersingkat pengambilan kebijakan. Namun, ada oknum kepala daerah yang masih melihat dengan sempit,” terangnya kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (24/10/2018).

Disesalkan Tjahjo bahwa masih ada pola pikir oknum kepala daerah yang masih melihat sempit. Menggugat ke Mk dan disetujui oleh MK. Meskipun demikian, Tjahjo menekankan pihaknya akan terus mempersingkat proses pengambilan kebijakan dengan membatalkan sejumlah peraturan yang dianggap tumpang tindih.

“Saya yakin gubernur, bupati, wali kota juga semakin selektif menyusun perda,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.