Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Mendagri Imbau Masyarakat Jaga Keragaman Budaya

Jakarta,koranindonesia.id-Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M.Tito Karnavian, mengatakan Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, agama, dan ras yang harus dijaga.

Tidak banyak negara yang mempunyai keragaman budaya dan etnis seperti Indonesia.
“Kondisi bangsa Indonesia yang plural ini bisa menjadi  konflik, jika tidak mampu kita merawat dan menjaganya,” kata Tito dalam keterangannya mengenai keputusan bersama tiga menteri terkait penggunaan pakaian seragam dan atribut  peserta didik, pada Rabu (3/2/2021).
Menurut Tito,  kemajemukan bangsa Indonesian itu bisa menjadi sumber kekayaan yang luar biasa.
“Contohnya makanan rendang yang telah menjadi makanan nasional, dan tidak hanya makanan di Sumatera Barat saja,” ungkapnya.
Selain itu, Tito menguraikan,  lingkungan pendidikan harus menjadi lingkungan yang menyenangkan, karena menjadi kunci kemajuan bangsa.
“Sekolah harus mampu membangun sikap yang menghormati perbedaan latar belakang agama, budaya, dan mencerminkan moderasi dan toleransi,” ujarnya.
Tito menegaskan, amanat konstitusi yakni UUD 1945 pasal 29 dimana negara telah menjamin kemerdekaan setiap warga negara untuk menjalankan agamanya.
Sedangkan di Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, kata Tito, ada sejumlah urusan yang menjadi wewenang mutlak pusat seperti soal agama, fiskal dan moneter.
“Sesuai asas desentralisasi memang ada kewenangan daerah,” katanya.
 Ia menambahkan, ada sanksi bagi daerah yang tidak menyesuaikan dengan keputusan bersama tiga menteri. (YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.