Banner sumsel

Menag Minta KPK Jadwal Ulang Pemanggilannya

JAKARTA,koranindonesia.id-Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang dijadikan saksi untuk tersangka Romahurmuziy (Rommy) terkait dugaan jual beli jabatan di Kemenag, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penjadwalan pemanggilan dirinya.

Lukman mengatakan dirinya tidak bisa menghadiri pemeriksaan KPK hari ini. Dikarenakan pemanggilan dirinya baru diterima, Selasa (23/04/2019) sore. Sementara dirinya sudah mempunyai kegiatan mengisi acara pembinaan haji di Jawa Barat.

“Undangan KPK baru sore kemarin diterima, jadi meminta dijadwal ulang,” ungkap Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Mastuki di Jakarta, Rabu (24/04/2019).

Dijelaskannya jemaah haji di Jawa Barat tersebut perlu mendapatkan perkembangan kebijakan baru tentang haji dan juga informasi penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu orang dari pemerintah Arab Saudi. Sehingga menteri menghubunginya untuk memberitahu agar KPK membuat jadwal ulang pemanggilan.

“Pak menteri bersedia menjadi saksi, bukan menghindar. Jadi tadi saya sudah hubungi KPK untuk mengatur jadwal ulang pemanggilan pak menteri,” tandasnya.

Sementara KPK pada Rabu juga memanggil tiga saksi lainnya untuk tersangka Romahurmuziy, yaitu Staf Khusus Menteri Agama Gugus Joko Waskito serta dua Anggota Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag pada Sekretariat Jenderal masing-masing Aulia Muttaqin dan Muhammad Amin.

Dalam penyidikan kasus itu, KPK juga telah menggeledah ruang kerja Menag di gedung Kemenag Jakarta pada Senin (18/3) dan menyita uang senilai Rp180 juta dan 30 ribu dolar AS. Untuk diketahui, KPK telah menetapkan tiga tersangka terkait suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI Tahun 2018-2019. Diduga sebagai penerima Muhammad Romahurmuziy.

Sedangkan diduga sebagai pemberi, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin (HRS).  Selain itu, Romahurmuziy saat ini juga masih dibantarkan penahanannya di Rumah Sakit Polri Jakarta Timur karena masih dalam keadaan sakit. (erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.