Banner Pemprov 2020
Banner september

Menag Dalami Usulan Raden Inten II Jadi Embarkasi Haji Penuh

JAKARTA, koranindonesia.id – Menteri Agama Fachrul Razi mengaku akan memperhatikan dan mendalami usulan agar Bandara Raden Inten II menjadi Embarkasi Haji Penuh pada 2021. Selama ini, bandara di Provinsi Lampung tersebut berstatus sebagai Embarkasi Antara.

Jemaah haji asal Lampung terbang ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Jika menjadi embarkasi haji penuh, jemaah haji Lampung bisa langsung terbang dari Raden Inten II ke Arab Saudi, Jeddah atau Madinah, dilansirkan dari kemenag.go.id.

“Pesan Gubernur menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti lebih lanjut, terutama terkait Embarkasi Asrama Haji. Apa yang kita lakulan tidak lain untuk membangun kesejahteraan warga fan bangsa,” terang Menag merespon usulan yang disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Kakanwil Kemenag Lampung Juanda Naim saat bersilaturahim di asrama haji Lampung, Selasa (11/08).

Sebelumnya, Arinal Djunaidi menyampaikan harapannya agar Menag mendukung rencana peningkatan status Embarkasi Haji Lampung, dari Antara menjadi Penuh. Dia mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Menteri Perhubungan dan Meneg BUMN. Gubernur berharap rencana ini bisa segera terwujud dan dapat digunakan pada penyelenggaraan ibadah haji 2021.

“Kami sepakat, proses penyiapan terminalnya terus berjalan sesuai tahapan,” ujarnya.

“Kami berharap Menag dapat mendukung alih status menjadi embarkasi penuh tahun 2021,” lanjutnya.

Arinal mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya persiapan dan tinggal menunggu jawaban dari Kemenag. Sebab, harus ada syarat persetujuan mendarat dari Saudi Arabia, dan pengirusan terkait itu menjadi kewenangan Menag.

Hal senada disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Juanda Naim. Dia melaporkan bahwa pihaknya dengan Pemprov telah mengupayakan kesiapan bandara Raden Inten II menjadi Embarkasi Haji Penuh pada 2021.

Persiapan itu antara lain, memenuhi standar daya tampung jemaah asrama haji dan syarat pengoperasian bandara sesuai sop. Asrama haji Lampung kini siap menampung 904 jemaah.Ada 154 kamar yang tersebar pada enam gedung. Asrama juga sudah dilengkapi fasilitas empat aula, area parkir seluas 3000m2 sehingga bisa menampung lebih dari 100 mobil dan 200 motor.

“Bandara Raden Inten II telah berstatus sebagai bandara internasional sejak 27 November 2019. Telah dirilis juga perjalanan umrah perdana dari Lampung ke Jeddah. Launcing ini bagian upaya mempersiapkan Bandara Raden Inten II menjadi embarkasi penuh,” jelasnya.

Juanda menambahkan, Bandara Raden Inten II telah 10 tahun menjadi bandara haji antara. Jumlah penduduk Muslim di Lampung lebih 90%, terbesar di sumatera. Lampung setiap tahun memberangkatkan 7.445 jemaah haji yang terbagi dalam 19 kloter.

“Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi embarkasi penuh,” tandasnya.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.