Banner sumsel

Megawati Tentukan Kader PDIP yang Jadi Pimpinan DPR

JAKARTA, koransumatera.com – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mendapat jatah satu kursi Wakil Ketua DPR dari hasil revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, atau MD3.

Wakil Ketua Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan, anggota fraksi yang mendapatkan jatah pimpinan DPR ditentukan Ketua Umum Megawati Sukarnoputri.

Menurutnya, hal itu menjadi salah satu kewenangan Megawati sebagai pimpinan tertinggi PDIP.

“Belum, belum ada. Itu ranah ketua umum,” kata Hendrawan, saat dihubungi, Kamis (8/2/2018).

Ia berharap, bisa secepatnya dibicarakan di DPP soal nama Wakil Ketua DPR. Rencananya, pekan depan wakil ketua DPR yang baru akan dilantik.

“Sedang diusahakan, supaya minggu depan ada pengukuhannya. Jadi, harus ada namanya masuk. Karena, ini kan paripurnanya sedang diusahakan Senin,” jelas Hendrawan, seperti dilansir vivanews.com.

Sebelumnya, Badan Legislasi DPR siap membawa keputusan revisi Undang-undang MD3 yang mengatur penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR ke Sidang Paripurna untuk diambil persetujuan.

Dari dari 10 fraksi, terdapat dua fraksi yang menolak keputusan mayoritas Baleg. Kedua fraksi, yaitu Persatuan Pembangunan dan Nasdem.

Baleg menyepakati penambahan satu kursi pimpinan DPR dan tiga kursi untuk Pimpinan MPR. Satu kursi DPR dan MPR diberikan kepada partai pemenang pemilu legislatif, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara itu, dua kursi pimpinan MPR lainnya, yaitu untuk jatah Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. (*)

Editor: elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.