Mayoritas Pemilih Jokowi-Maruf Amin Masih dari Ormas NU

JAKARTA, koranindonesia.id – Laporan Survei Nasional terkait Peta Elektoral Pemilih Muslim pada Pemilihan Presiden (Pilpres), yang digelar Arus Survei Indonesia (ASI) terungkap bahwa, elektabilitas Paslon 01 Jokowi-Maruf Amin masih unggul dibanding Paslon 02 Prabowo-Sandi. Dalam hitungan ASI, elektabilitas Capres-Cawapres dengan simulasi kertas suara, pasangan Jokowi-Maruf Amin mendapat 52,4 % suara, sedangkan Prabowo 38,9%, dan yang tidak menjawab 8,8%.

Direktur Eksekutif ASI Ali Rifan mengungkapkan, dari angka 52,4% tersebut, pemilih terbesarnya berasal dari massa Ormas Nahdlatul Ulama (NU). “NU masih mendominasi jumlah pemilih untuk Paslon 01 Jokowi-Maruf Amin. Ini tampak jelas pada peta elektabilitas Capres-Cawapres untuk pemilih muslim,” kata Ali Rifan pada acara Rilis Survei Nasional “Peta Elektoral Pemilih Muslim” di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Lebih rinci, Ali Rifan menjelaskan, untuk Peta Elektabilitas Capres-Cawapres berdasarkan Strong Voters dan Swing Voters, Jokowi-Maruf juga masih unggul dibanding Prabowo-Sandi. Untuk Strong Voters, Jokowi-Maruf mendapat 53,5%, Sedangkan Prabowo-Sandi hanya 36,2%. “Pada Swing Voters, Jokowi-Maruf sebesar 47,5% dan Prabowo-Sandi 32,7%,” paparnya.

Ilustrasi (FOTO/DOK-KI)

Ali Rifan menjelaskan, dilihat dari pemilih Ormas Islam, Strong Voters pada Ormas NU untuk Paslon 01 Jokowi-Maruf sebanyak 53,7%, sedangkan Muhammadiyah hanya 4,41%. Adapun FPI dan HTI 0%. Sebaliknya, Strong Voters untuk Paslon 02 Prabowo-Sandi, pada Ormas NU hanya 27,6% sedangkan Muhammadiyah 7,1% , dan FPI 1,6% serta HTI 0,2%.

Sementara itu, untuk Swing Voters, pemilih NU untuk Jokowi-Maruf sebesar 52,1%, Muhammadiyah 6,2%, serta HTI dan FPI masing-masing 0,5%. Sedangkan Swing Voter pemilih NU untuk Prabowo-Sandi hanya 27,8%, Muhammadiyah 3,2%, FPI 1,3% dan HTI 0,6%.

Menurut Ali Rifan, temuan ASI itu berdasarkan survei yang digelar dari 5 – 10 April 2019 dengan wilayah pelaksanaan survei di 34 provinsi. “Seperti biasa, kami gunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah responden 2.100 responden. Dimana Margin of error lebih kurang 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%,” jelasnya.

(mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.