Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Mawardi Semangati  Generasi Milenial Jadi Pelopor Usaha Pertanian

 

PALEMBANG ,koranindonesia.id— Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya menilai Duta Pertanian milenial  mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang bermanfaat bagi keberlangsungan pertanian, dimana keberadaan para petani milenial memang sangat diperlukan untuk menjadi pelopor sekaligus membuat jejaring usaha pertanian.

 

“Provinsi Sumsel  membutuhkan generasi milenial yang sudah berpengalaman dibidang pertanian. untuk bisa menjadi duta pertanian jadi tidak asal tunjuk, sehingga bisa memberikan inovasi dan mampu menarik minat generasi milenial menekuni usaha di bidang pertanian,” kata Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat menerima Ikatan Duta Pertanian Sumatera Selatan (IDPT Sumsel) dalam rangka pemilihan duta pertanian Sumsel, diruang audensi  Wagub Sumsel, Rabu (7/4) pagi.

 

Dikatakan Mawardi, keberadaan para petani milenial sangat diperlukan untuk menjadi pelopor sekaligus membuat jejaring usaha pertanian, oleh sebab itu Ia menghimbau duta pertanian Sumsel pasca di kukuhkan nantinya  aktif  sosialisasi mengubah mainset para generasi milenial.

 

“Pemuda yang diutus pemerintah daerah harus mampu menonjolkan hasil taninya dari masing-masing kabupaten dari 17 kabupaten/kota,” tegasnya.

 

Terkait dengan pembudidayaan ikan yang direncanakan oleh IDPT Sumsel, Mawardi mengatakan hal tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang matang mengingat budidaya ikan  kerap kali  memakan biaya yang tidak sedikit utamanya yang terkait dengan  biaya pakan dan pemeliharaan lainnya.

 

“Dalam  budidyakan ikan kita harus memberinya pakan yang cukup besar,  tentu  adik dapat berinovasi memanfaatkan tanaman atau sejenisnya  untuk pakan ikan ini,”  harapnya.

 

Dalam mendukung IDPT Sumsel untuk melakukan penelitian dan pengembangan terkait dengan pertanian, MY menyampaikan bahwa hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas  Sciene Techno Park yang ada di Kabupaten  Ogan Ilir.

 

Sementara Ketua IDPT Sumsel, Gusti  mengatakan  ajang pemilihan duta pertanian Sumsel tersebut akan dilakukan pada tanggal 17 Juni 2021  dengan peserta berasal dari 17 Kabupaten/kota  di Sumsel.

 

“Pemilihan Duta Pertanian ini agenda tahunan   yang tugasnya untuk mempromosikan progam pemerintah dan mendorong anak muda untuk menjadi petani,” tandasnya.(ril)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.