Banner sumsel

Mau Hemat dan Nyaman Libur Lebaran. Ini Kiatnya

Libur lebaran tahun ini bertepatan dengan libur sekolah. Pemerintah bahkan menetapkan libur bersama selama tujuh hari.

Maka tidak heran jika masyarakat tidak hanya mudik untuk mengunjungi sanak saudara saja. Momentum liburan kali ini pun dimanfaatkan juga untuk liburan ke beberapa destinasi wisata.

Hal ini tentu saja membuat pengeluaran Anda akan membengkak dua kali lipat meskipun Anda mendapat tunjangan hari raya. Lalu bagaimana Anda tetap bisa hemat liburan di peak season seperti libur lebaran tahun ini?

Mungkin bisa mencoba lima tips berikut agar biaya liburan Anda tidak membengkak, dilansir dari blog travel The Travel Hack.

  1. Pesan semuanya sejak jauh-jauh hari

Memesan hotel, transfer, tur sejak jauh-jauh hari untuk menghindari kekecewaan dan juga mendapatkan penawaran terbaik. Mengingat selama musim lebaran harga penerbangan dan akomodasi bahkan bisa dua kali lipat dibanding hari biasa.

Tips Teratas: Jika Anda memilih liburan berkendara sendiri, Anda akan sepenuhnya mengendalikan pengeluaran Anda. Anda pun hanya membayar tiket tol, bensin, selain itu Anda dapat mengemas sebanyak mungkin barang di dalam mobil yang Anda inginkan, tanpa memikirkan biaya tambahan bagasi jika menggunakan pesawat. Dan yang paling menyenangkan adalah Anda akan menemukan berbagai pemandangan menarik selama perjalanan.

  1. Melakukan perbandingan harga di beberapa situs situs saat memesan akomodasi

Harga akomodasi dapat bervariasi tergantung pada musim, waktu dan permintaan. Terutama liburan sekolah dan hari libur lebaran kemungkinan harga akomodasi akan mengalami peningkatan. Tetapi ada cara untuk mendapatkan harga terbaik.

Situs perbandingan biasanya adalah tempat terbaik untuk memulai pencarian akomodasi, karena mereka memiliki banyak pilihan dengan fungsi yang bagus untuk menyaring pencarian Anda.  Sehingga ada banyak potensi untuk menemukan hotel dengan harga murah.

Tetapi disarankan juga untuk memeriksa situs web hotel, karena mungkin lebih murah ketika memesan langsung di situs resmi mereka.

  1. Menginap dengan warga lokal

Menginap di hotel diketahui memang akan menghabiskan uang lebih besar. Untuk dapat lebih hemat untuk tinggal di suatu destinasi Anda bisa mencoba beberapa pilihan akomodasi, seperti guest house, losmen atau Airbnb.

Jika Anda memilih untuk libur lebaran di luar negeri ada baiknya mencoba beberapa situs yang kurang terkenal seperti VRBO (vacation rental by owners).

VRBO adalah situs yang mirip dengan Airbnb yang dapat Anda tinggali bersama tuan rumah, atau memilih untuk menyewa seluruh apartemen untuk Anda dan keluarga.

Atau OneFineStay yang menawarkan seluruh rumah tetapi dengan rekomendasi dari warga lokal ketika, sehingga Anda mengenal tempat terbaik untuk dikunjungi.

  1. Selalu datang lebih awal

Ketika Anda bepergian selama musim liburan semuanya pasti akan lebih sibuk. Antrean akan lebih panjang, jalan akan menjadi lebih sibuk dan proses check-in akan lebih lambat. Terutama di H-3 menjelang lebaran. Cobalah untuk mudik lebih awal, agar Anda bisa memiliki banyak waktu di tempat tujuan Anda.

  1. Pre-book tiket tur dan membeli tiket fast track

Tidak hanya akan menghemat waktu Anda dengan melewati antrean, pemesanan tiket atraksi dan wisata jauh sebelum waktu libur juga dapat menghemat uang Anda yang  berharga.

  1. Setel alarm Anda dua jam lebih awal

Beberapa destinasi pasti akan penuh sesak terutama saat libur lebaran. Untuk itu Anda perlu datang lebih awal. Dengan mengatur alarm Anda satu atau dua jam (jika Anda bisa mengatasinya) lebih awal, Anda dapat berada di tempat-tempat wisata utama jauh lebih cepat, dan selesai pada saat orang lain mulai berdatangan.

Anda bisa mengatur waktu, misalnya mandi dan bersiap-siap pukul 07.30 kemudian sarapan di sekitar pukul 08.00 atau 08.30 kemudian mulai melakukan penjelajahan sekitar pukul 09.00 atau 09.30 hingga pukul 10.00 atau 10.30.

  1. Mencoba ke destinasi yang kurang terkenal

Alih-alih mengunjungi tempat yang sama seperti orang lain, mengapa tidak menjelajahi lokasi baru yang kurang dikenal, karena tempat itu akan kurang ramai pada saat liburan.

Tips terbaik: Setelah Anda berada di tempat tujuan, tanyakan kepada penduduk setempat untuk pantai, restoran, dan bar favorit mereka, karena sering jauh lebih baik dan kurang ramai daripada lokasi favorit turis. (lan/viva)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.