Banner sumsel

Masyarakat Sumsel Diminta Waspada Hujan Lebat Disertai Petir

PALEMBANG, koranindonesia.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat yang ada di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) termasuk Palembang untuk berhati-hati, sebab potensi hujan lebat secara tiba-tiba disertai petir masih akan terjadi beberapa hari kedepan

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas 1 Palembang, Nandang mengatakan, di bagian belahan bumi bagian utara khususnya Asia Tenggara pada Oktober ini, sebagian wilayahnya sudah memasuki awal musim hujan termasuk Indonesia Bagian Utara.

Sedangkan untuk wilayah Sumsel diperkirakan secara umum masuk awal musim hujan 2018/2019 di November Dasarian 1 sampai Dasarian 2.

“Beberapa hari terakhir wilayah Palembang dan sekitarnya diguyur hujan deras disertai petir. Tapi kita belum masuk musim penghujan, tapi baru masa peralihan,” katanya, Minggu (14/10/2018).

Nandang mengatakan, pada masa musim peralihan saat ini, masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan lebat secara tiba-tiba dengan durasi singkat disertai angin kencang dan petir.

Banjir yang melanda jalanan di pusat kota Palembang jika turun hujan lebat. (FOTO/DOK-KI)

Masyarakat juga harus mewaspadai lingkungan sekitar khususnya yang berada di dataran rendah seperti sepanjang aliran sungai, daerah bertebing dan lereng berbukit untuk menghindari potensi banjir dan longsor.

“Masyarakat harus tetap waspada, saat akan keluar aktivitas, bisa menyiapkan jas hujan atau payung,” imbuhnya.

Dijelaskannya, kondisi cuaca di wilayah Sumsel yang cenderung buruk tiga hari belakangan ini, diperkirakan akibat adanya tekanan rendah di sebelah barat Sumatra Barat atau Bengkulu dan tekanan rendah di laut Cina Bagian Selatan.

Sehingga massa udara tertahan dan berbelok di arah wilayah Sumsel.  Ke arah tekanan tersebut yang menyebabkan potensi awan dan hujan lokal semakin bertambah.

“Diperkirakan kondisi ini akan masih berlangsung hingga satu hari kedepan,”  paparnya.

Sementara itu, curah hujan hingga Sabtu berdasarkan pengamatan BMKG 24,7 mm dan curah hujan terukur Minggu pagi adalah 97,4 mm. Sementara diperkirakan rata-rata curah hujan di Oktober normalnya untuk Kota Palembang 100mm – 200mm.

(iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.