Banner sumsel

Masih 24 Kecamatan di Lahat Tak Miliki Batas Wilayah Desa

LAHAT, koranindonesia.id – Kendati sudah terbentuk sejak lama ternyata dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel), baru dua kecamatan yang menuntaskan administrasi batas wilayah desa.

Padahal batas desa ini dinilai sangat penting, terutama dalam kondisi saat ini. Dua kecamatan tersebut ialah Kecamatan Mulak Sebingkai, dan Kecamatan Lahat Selatan. Padahal dua kecamatan ini merupakan kecamatan baru atau pemekaran.

“Baru dua kecamatan. Administrasi batas desa di kecamatan tersebut selesai, karena sebelumnya sebagai syarat pemekaran dua kecamata tersebut,” ungkap Asisten I, Setda Pemkab Lahat Ramsi, saat pembahasan masalah batas, di Oproom Pemkab Lahat, Senin (27/5/2019).

Diungkapkannya, bahwa pada dasarnya desa – desa di Lahat memiliki batas desa namun, memang belum definitif. Sedangkan saat ini, tidak jelasnya batas desa memicu beragam konflik lantaran ada beberapa kepentingan seperti masalah pembukaan tambang, perkebunan, plasma, ganti rugi lahan, pemekaran desa, pembangunan jalan tol, maupun pemanfaatan tanah untuk cetak sawah.

“Kalau batas desa tidak jelas, maka akan timbul konflik dan penyelesaian menjadi rumit,” sebut Ramsi.

Namun begitu walaupun rumit, bila semua pihak yang berselisih datang dengan niat jujur dan mau menyelesaikan perselisihan, maka batas desa bisa diselesaikan. Pihaknya juga berupaya kedepan agar adminitrasi desa bisa lebih tertib.

“Akan kita sosialisasikan dan kita lakukan pembinaan agar Desa memiliki batas desa yang definitive juga memiliki peta desa,” ungkapnya pula.

Adanya batas desa maka administrasi pemerintahan menjadi tertib. Lalu memberikan kejelasan dan kepastian hukum, terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek tekhnis yuridis.
(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.