Banner sumsel

Masa Belaku SIM Kendaraan Habis, Begini Cara Perpanjang SIM

PALEMBANG, koranindonesia.id — Surat Izin Mengemudi (SIM) mempunyai masa berlaku. Jika masa berlakunya habis, maka pemegang SIM harus memperpanjangnya. Masa berlaku hanya lima tahun saja, jika anda terlambat untuk memperpanjang SIM sehari maka anda harus ikut kembali ujian di Satpas (Satuan penyelenggaraan pelayanan SIM). Lalu bagimana waktu berlaku itu sudah mau habis terus bagaimana cara memperpanjangnya? Berikut ini tahapan cara perpanjang SIM, seperti dilansir dari laman gridoto.com

Mengurus KIR SIM , anda diwajibkan mengurus surat keterangan sehat (biasanya dari puskesmas terdekat) untuk pemeriksaan kesehatan mata atau cacat fisik dan riwayat penyakit.

Pengisian Formulir Permohonan Perpanjangan SIM, setelah mendapatkan surat KIR SIM, langsung saja menuju bagian informasi Satlantas. Nantinya Anda diberikan formulir permohonan perpanjangan SIM dengan syarat 2 lembar fotokopi SIM lama dan 2 lembar fotokopi KTP.

Membayar Perpanjangan SIM di Bank, setelah anda mengisi formulir permohonan perpanjang SIM yang tadi, langsung saja serahkan di Bank dan bayar biaya perpanjangan SIManda, berikut ini biaya perpanjang SIM 2018 seperti yang dikutip dari Kemendagri:

  • SIM A sebesar Rp 80 ribu

  • SIM B I sebesar Rp 80 ribu

  • SIM B II sebesar Rp 80 ribu

  • SIM C I sebesar Rp 75 ribu

  • SIM C II sebesar Rp 75 ribu

  • SIM D sebesar Rp 30 ribu

  • SIM D I sebesar Rp 30 ribu

  • SIM internasional sebesar Rp 225 ribu

Biaya administrasi tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 dan masih sama seperti tahun sebelumnya karena belum ada peraturan baru.

Pemeriksaan Formulir di Loket Pemeriksaan, kumpulkan semua berkas dan jangan lupa ambil nomor antrian. Setelah itu tunggu saja giliran dan nanti nama Anda akan dipanggil oleh petugas yang bersangkutan. Semua formulir yang meliputi KIR SIM, fotokopi SIMlama, fotokopi KTP, formulir permohonan perpanjangan SIM dan slip pembayaran akan dicek.

Sidik Jari, Tanda Tangan dan Foto, setelah itu Anda dipersilahkan untuk melakukan sidik jari, tanda tangan dan foto SIM.

Cetak SIM, serahkan semua berkas yang sudah diperiksa tadi kepada petugas pencetakan SIM dan tunggu beberapa saat SIM baru segera jadi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.