Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Mantul, Timnas Portugal Tim Tertajam Euro

JAKARTA, koranindonesia.id – Timnas Portugal memiliki skuad tertajam di Euro 2020. Sepanjang musim 2020/2021 total ada 208 gol yang diciptakan para pemain Os Navegadores bersama klub masing-masing.
Total, 5 striker Portugal mengoleksi 95 gol. Rinciannya, Cristiano Ronaldo 36 gol (Juventus), Andre Silva 29 gol (Eintracht Frankfurt), Diogo Jota 13 gol (Liverpool), Joao Felix 10 gol (Atletico Madrid), dan Goncalo Guedes 7 gol (Valencia).

Adapun gelandang Portugal melesakkan 98 gol. Gelandang tersubur Portugal pada musim ini adalah Bruno Fernandes dengan 28 gol (Manchester United), kemudian Pedro Goncalves 23 gol (Sporting CP), dan Rafa Silva 20 gol (Benfica).

Sedangkan barisan pertahanan Portugal tak kalah produktif. Musim ini 7 bek mereka menyumbang 15 gol. Sang pengoleksi gol terbanyak itu adalah Raphael Guerreiro dengan 6 gol untuk Borussia Dortmund.

Dalam urusan menciptakan umpan matang berujung gol atau assist, gelandang Portugal tak kalah tajam. Dari 10 pemain, total ada 56 assist. Fernandes yang terproduktif dengan 17 assist.

Dengan fakta ini tak salah kiranya jika Portugal diyakini bisa menyamai rekor Spanyol. Portugal sangat berpeluang menjadi juara Piala Eropa secara berturut-turut seperti Spanyol pada 2008 dan 2016.

Namun, itu bukan perkara mudah. Sebab, tim asuhan Fernando Santos ini tergabung di grup neraka, Grup F, bersama Prancis, Jerman, dan Hungaria.

Mengenai hal ini, Santos sangat percaya diri. Bahkan, pelatih yang telah menangani Portugal sejak 2014 ini akan menjadi tim pertama dari Grup F yang lolos ke babak 16 besar.

“Portugal adalah favorit nyata untuk grup ini. Kami akan memastikan kami finis pertama. Saya pikir tujuan Portugal harus lolos ke Euro di tempat pertama dan dengan kepercayaan diri memenangkan turnamen,” kata Santos, dilansir koranindonesia.id dari FIFA.

Santos bisa sesumbar karena rapor tim asuhannya selama 2020-2021 cukup mentereng. Dari 11 pertandingan, Pepe dan kawan-kawan hanya sekali kalah, yakni dari Prancis. Portugal mengoleksi 25 gol dan 7 kali kebobolan.

Selepas Piala Dunia 2018, dari 16 pertandingan pada 2018-2019, Portugal pun hanya kalah sekali. Kekalahan tersebut didapat saat melawan Ukraina di pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020, dengan skor 1-2.

Cristiano Ronaldo walau sudah berusia 36 tahun akan tetap menjadi momok bagi bek-bek lawan. Kebugaran, kecepatan, dan ketajaman striker Juventus ini masih di level atas, seperti pemain di usia 25-29 tahun.

Tak hanya diisi bintang-bintang uzur, seperti Ronaldo dan Guerreiro, ada pula pemain muda yang diprediksi bakal bersinar. Ia adalah Pedro Goncalves, gelandang 22 tahun Sporting CP yang belum debut bersama Portugal.

Sempat didiagnosis tak punya masa depan saat berusia 20 tahun karena tak pernah dimainkan Wolverhampton Wanderers, Goncalves tampil garang bersama Famalicao. Ia lantas dipinang Sporting dan langsung memukau.

“Saya telah memperhitungkan semua yang dilakukannya [Pedro Goncalves] musim ini. Dia ada di sini karena kualitasnya. Saya pergi ke stadion untuk mengamatinya dan dia hampir dipanggil pada periode sebelumnya,” kata Santos.

Adapun jadwal pertandingan Portugal di Piala Eropa 2020 adalah melawan Hungaria (15/6), Jerman (19/6), dan Prancis (23/6).

Daftar Pemain Skuad Portugal di Euro 2020
Kiper: Anthony Lopes (Lyon), Rui Patrício (Wolves), Rui Silva (Granada).

Belakang: João Cancelo (Manchester City), Rúben Dias (Manchester City), José Fonte (LOSC Lille), Raphael Guerreiro (Dortmund), Nuno Mendes (Sporting CP), Pepe (Porto), Nélson Semedo (Wolves).

Tengah: William Carvalho (Real Betis), Danilo (Paris), Bruno Fernandes (Manchester United), Gonçalo Guedes (Valencia), João Moutinho (Wolves), Rúben Neves (Wolves), Sérgio Oliveira (Porto), João Palhinha (Sporting CP), Pote (Sporting CP), Renato Sanches (LOSC Lille), Bernardo Silva (Manchester City).

Depan: João Félix (Atlético Madrid), Diogo Jota (Liverpool), Cristiano Ronaldo (Juventus), André Silva (Eintracht Frankfurt), Rafa Silva (Benfica).

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.