Banner pemprov Sumsel

Macam-macam Tanaman Beracun yang Tidak Boleh Anda Tanam di Rumah

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Manusia salah satu makhluk yang sangat bergantung kepada alam yang memiliki berbagi macam, terutama tumbuh-tumbuhan, untuk memenuhi segala kebutuhan pangan maupun kebutuhan hidup sehari-hari. Tumbuhan memang banyak memberikan banyak manfaatan bagi manusia, namun tanpa anda sadari, ada juga tumbuhan yang bisa merugikan. Karena tumbuhan ini mengandung zat yang bisa menyebabkan keracunan hingga kematian terhadap manusia.

Indonesia kaya dengan keberagaman tumbuhan yang tidak ditemukan di negara lainnya, tetapi selain beragam ada beberapa tanaman di Indonesia yang ternyata sangat mematikan.

Memelihara tanaman bisa membuat rumah anda terlihat lebih indah, namun anda perlu ketahui kalau tidak semua tanaman dapat di tanam di halaman rumah anda sebab ada beberapa yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan manusia. Agar anda tidak keliru dapat memilih tanaman untuk di rumah, simak dibawah ini ada beberapa tanaman berbahaya yang tidak boleh anda tanam di sekitar rumah, seperti di kutip dari laman dekoruma.com sebagai berikut:

1. Tanaman Angel’s Trumpet (Brugmansia)

Tanaman Angel’s Trumpet/net

Tanaman yang juga dikenal sebagai kecubung ini memiliki bunga yang indah. Sayangnya tanaman ini mengandung zat halusinogen, atropin, hiosiamina, dan skopolamin yang termasuk dalam kategori narkotika sehingga beberapa negara melarang jual-beli tanaman ini. Jika zat tadi terhirup, maka korbannya akan mengalami halusinasi, bahkan hilang kesadaran. Jangan menanamnya di rumah, apalagi jika kamu memiliki anak kecil.

2. Tanaman Bunga Jepun (Nerium oleander)

Tanaman Bunga Jepun/net

Masih seputar bunga, tanaman berbahaya berikutnya yang perlu kamu hindari adalah bunga Nerium oleander atau bunga Jepun. Bunganya cantik dan tidak perlu menunggu lama untuk melihatnya mekar. Tapi, bunga yang satu ini memiliki racun oleandrin dan nerine yang mampu mengganggu sistem saraf, sistem pencernaan, dan sistem peredaran darah. Efek samping yang dirasakan tergantung dari kondisi tubuh penderita. Paling parahnya, satu penderita bisa menderita ketiga efek samping tersebut sekaligus. Gejala yang akan dialami korban dari tanaman Nerium oleander ini adalah mual, muntah, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, hingga koma.

3. Tanaman Singkong Karet (Manihot glaziovii atau maniçoba)

Tanaman Singkong Karet/net

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti kamu tidak asing lagi dengan singkong. Tanaman yang tergolong umbi-umbian ini menjadi salah satu sumber karbohidrat selain nasi dan sering juga diolah menjadi aneka camilan nikmat. Tapi kamu perlu tahu kalau singkong ada banyak jenis dan tidak semuanya bisa dikonsumsi, salah satunya adalah singkong karet atau Manihot glaziovii. Tanaman yang satu ini mengandung racun sianida yang sifatnya mematikan. Jadi tidak perlu ditanam di rumah apalagi diolah menjadi makanan, ya.

4. Tanaman Jarak (Ricinus communis)

Tanaman Jarak (Ricinus communis)/net

Daun jarak sudah lama dikenal ampuh mengobati ragam penyakit seperti perut kembung, sulit BAB, kulit terluka, rematik, dan masih banyak lagi. Sayangnya bagian biji tanaman jarak ini mengandung racun berbahaya. Biji jarak jenis kepyar mengandung racun bernama ricin, sedangkan biji jarak jenis daun jarak pagar mengandung racun bernama curcin. Kedua racun ini tergolong dalam kategori toksalbumin yang mampu menggumpalkan sel darah merah serta menyebabkan pendarahan pada saluran cerna. Biji tanaman jarak juga mengandung asam galat yang bisa membuat iritasi lambung dan gagal ginjal.

5. Tanaman Gympie-Gympie (Moroides dendrocnide)

Tanaman Gympie-Gympie /net

Tanaman berikutnya yang tidak boleh kamu tanam di taman rumah adalah gympie-gympie yang banyak ditemukan di daratan Maluku. Jika racun tanaman berbahaya lain bereaksi ketika tertelan atau terhirup, maka gympie-gympie ini bisa menyebarkan racun hanya dengan sentuhan. Seluruh bagian tanaman ini ditutupi oleh bulu-bulu halus. Bulu-bulu inilah yang memiliki racun. Jika tidak sengaja menyentuhnya, korban akan mengalami gatal-gatal parah bahkan bisa menyebabkan mimisan. Tidak hanya manusia yang jadi korbannya, tapi binatang juga, lho.

6. Tanaman bunga Lili (Lilium)

Tanaman bunga Lili (Lilium)/net

Sebagai salah satu tanaman bunga di daerah Tropis, bunga Lili sering dijadikan buket bunga atau penghias ruangan karena tampilannya yang cantik. Tanaman hias yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun bisa berakibat fatal jika kamu memelihara kucing. Bunga lili dengan jenis hemerocallis bisa membuat kucing yang menjilat daunnya mengalami gagal ginjal, bahkan kematian.

Semoga informasi mengenai tumbuhan beracun dan mematikan ini bisa menjadikan anda lebih waspada dan berhati-hati dalam memanfaatkan tumbuhan disekitar anda! Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.