Banner Pemprov Agustus

Lomba Perahu Bidar Tadisional dan Perahu Hias Memperebutakan Piala Gubernur Berhasil Sedot Ribuan Penonton

 

 

 

PALEMBANG,koranindonesia.id– – Kemeriahan HUT RI ke 77 Tahun 2022 di Kota Palembang kembali dirasakan oleh masyarakat dengan digelarnya kembali lomba bidar tadisional dan perahu hias di sungai musi tepatnya Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, dihadiri langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru, Minggu (21/8) kemarin.

Lomba perahu hias dan bidar tradisional kali ini melibatkan 198 peserta yang terdiri dari 9 tim memperebutkan piala Gubernur Sumsel, menghadirkan atraksi dan parade peserta lomba. Atraksi jet ski dari komunitas Jet Ski Air.

 

 

Gubernur Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, lomba bidar dan perahu hias yang kembali digelar di Kota Palembang tak hannya mengobati kerinduan masyarakat akam tertontonaan di hari Kemerdekaan RI. Namun juga dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sumsel serta sebagai bentuk upaya pelestarian kebudayaan yang berangkat dari kearifan lokal Sumsel.

“Antusias masyarakat luar bisa berduyun-duyun datang untuk menyaksikan lomba bidar dan perahu hias. Ini menandakan begitu rindunya warga Palembang dengan acara ini,” tegas Herman Deru.

Herman Deru menyebut melalui lomba bidar dan perahu hias diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan. Karena itu Pemprov Sumsel akan terus berupaya untuk menjadikan event ini sebagai agenda tahunan dengan melibatkan peaerta bukan saja sari Sumsel melainkan juga dari luar provinsi.

 

“Apresiasi sponsorsif yang telah menjadikan suasana pertandingan bidar ini menjdi lebih spesial. Juga perbankan yang ikut berkontribusi,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono yang juga bertindak sebagai Ketua Penyelenggara dalam laporannya menyebut loba ini digelar selama dua hari yakni dari tanggal 20 Agustus hingga 21 Agustus 2022. Berrtempat di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Lomba Bidar Tradisional dan Lomba Perahu Hias dengan tema “BIDAR Lestarikan Tradisi, Majukan Budaya untuk Sumsel Maju Bersama, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” tegasnya.

Adapun tujuan kegiatan lomba lanjut Sulrionk, untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tradisi budaya daerah. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumsel di samping menjado wadah bagi masyarakat untuk berkreatifitas,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Dirpolairud Kombespol Drs. Andreas Kusmaedi, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko S.E, M.Tr.Hanla, Ketua Kormi Sumsel Hj.Samantha Tivani, B.Bus., M.IB., Anggota DPRD Provinsi Sumsel M. Yaser.

(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.