Banner sumsel

Linggau Antara Gula Batok, Alpukat dan Kopi Duren

Oleh April Shandy

Kota Lubuklinggau tidak hanya dikenal dengan sejumlah tempat wisata alamnya, namun kota ini juga dikenal dengan sejumlah oleh-olehnya. Seperti buah Alpukat, Gula Batok dan Kopi Durennya.

Salah satu oleh-oleh dari Lubuklinggau yang terkenal adalah Gula Batok, tidak heran jika sejumlah toko online ternama di Indonesia juga menyediakan gula batok sebagai salah satu barang yang dijual.

Bagi pedagang dan pengusaha pempek di Palembang, gula batok asal Lubuklinggau wajib dipakai untuk  campuran membuat cuko sebagai temen makan pempek. Gula batok asal Lubuklinggau memang berkualitas baik, selain bersih, warna juga tidak hitam, dan rasanya pun manis alami alias tidak pahit.

Itami, salah satu pedagang  mengatakan setiap pegunjung dan wisatawan ke kota Lubuklinggau hanya ingin membeli gula merah atau gula batok, kopi dan alpukat yang merupakan oleh-oleh  khas kota Lubuklinggau. Untuk harga gula merah biasa ia jual seharga  Rp18.000.- sampai Rp22.000.- perkilogramnya. Sedangkan gula batok dijual dengan seharga Rp25.000.- sampai Rp30.000.- perkilogram itu kualitas yang nomor 1 atau terbaik.

 

Selain menjual gula batok, lapak Itami juga menyediakan buah alpukat. Alpukat Lubuklinggau dipasok  dari Curup dan Linggau sendiri. Untuk alpukat ada dua jenis yang dicari pembeli, yaitu alpukat mentega dan alpukat madu.

Buah alpukat mentega memiliki ciri daging tebal, panjang, tidak terlalu besar dan tidak berwarna kuning. Sementara, untuk buah alpukat madu, itu warna kuning, tebal, besar, manis dan besar. Itami biasanya memilah mana alpukat yang siap  untuk dimakan atau perlu menunggu 1-2 hari baru bisa disantap. Ia juga menyusun buah alpukat  berdasarkan ukuran besar kecilnya buah.

“Setiap harga buah alpukat itu berbeda-beda untuk buah alpukat mentega dijual Rp15.000.- sampai Rp20.000.-,. Dan untuk alpukat madu Rp25.000.- sampai Rp30.000.-. Dan tergantung ukuran besar dan kecil serta kualitas alpukatnya “ujarnya.

Selain gula batok, alpukat , oleh-oleh lain dari kota ini adalah kopi. Nah, uniknya kopi Lubuklinggau bukan hanya kopi hitam saja, tetapi  tersedia pula kopi duren dan kopi kulit manggis. Harga kopi kulit manggis mencapai Rp15.000 sedangkan harga kopi duren mencapai Rp35.000 sampai Rp40.000 per kantongnya.

Kota Lubuklinggau  dapat ditempuh dengan berbagai alat transportasi. Jika dari Jakarta ada rute pesawat langsung ke lapangan terbang Silampari. Dari Palembang bisa ditempuh dengan kendaraan bus, kereta api serta travel yang menyediakan jurusan ke Lubuklinggau. Ayo ke Lubuklinggau, sambil  ngopi duren.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.