Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Legislator Minta Hasil Penelitian Balitsa Berdampak Untuk Masyarakat

Jakarta,koranindonesia.id-Anggota Komisi IV DPR RI Yadi Srimulyadi meminta agar hasil dari penilitian Balai Penilitian Tanaman Sayur (Balitsa) Lembang, Jawa Barat, secara konkret berdampak untuk masyarakat. Pasalnya, menurut Yadi, berbagai produk hasil penelitian Balitsa Lembang sampai saat ini belum dirasakan efek yang signifikan untuk masyarakat.

“Masyarakat di sini (Lembang) hanya minta secara konkret, kebetulan saya dapil di sini. Saya merasakan hasil produksi pertanian tidak naik-naik, padahal Balitsa sudah memaparkan ada kemajuan teknologi, tapi konkretnya produksi padi sampai saat ini masih saja 7 ton, termasuk kentang paling 20 ton,” terang Yadi saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI ke Lembang, Jabar, Rabu (15/10/2020).

Selain itu, ilmu yang didapat hasil dari penelitian Balitsa Lembang untuk masyarakat Kabupaten Bandung Barat masih minim. Hal ini berarti para petani tidak banyak yang dididik untuk mendapatkan ilmu teknologi pertanian. “Artinya belum terasa manfaatny dari Balitbang oleh masyarakat,” kritik politisi PDI-Perjuangan ini.

“Kalau masyarakat itu yang penting produksinya naik, kalau begitu kan taraf hidupnya naik, konkretnya seperti itu,” pungkas Yadi.  Jika ditilik dari sisi anggaran, kata legislator dapil Jabar II ini, setiap tahun Komisi IV DPR RI sudah mendukung kenaikan anggaran, sehingga selama ini penelitian bisa berjalan. Untuk itu, mewakili Komisi IV DPR RI dan msyarakat, Yadi meminta bukti konkret kepada Balitsa Lembang. (ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.