Banner sumsel

Lapas Klas I Palembang Over Kapasitas Dihuni 1700 Napi

PALEMBANG,koranindonesia.Id- Lembaga Pemasyarakatan Klas I Palembang mengalami over kapasitas, dari kapasitas 540 orang, terisi 1700 Napi dengan berbagai macam kasus.

“Daya tampung tahanan hanya 540 orang, atau 300 persen dari kapasitas normal. Kami cukup kewalahan mengawasi tahanan yang ribuan orang, sementara petugas keamanan setiap shift hanya regu 14 sampai 15 petugas. Yang kami lakukan sekarang adalah membangun komunikasi dengan napi dan tak lupa berdoa agar Napi tetap aman selama menjalani hukuman,” ungkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas I Palembang, Riyanto melalui Kasi Registrasi, Ahmad Fauzan AmdIP SH saat diwawancarai wartawan media online ini di kantornya, Jumat (19/10/2018) siang.

Meskipun ada ‘kecolongan’ namun petugas tetap memberikan tindakan bagi napi yang melakukan pelanggaran.

“Untuk pengawasan napi kami menggelar razia rutin tiga kali seminggu, internal lapas seminggu dua kali dan ditambah Monev (Monitoring Evaluasi) Kemenkumham pertiga bulan sekali memeriksa administrasi, sarana dan prasarana, serta

pengarahan untuk napi. Bagi napi yang hukumannya di bawah lima tahun, jika melakukan pelanggaran tetap diberi sanksi pemindahan tempat, namun jika napi hukumannya diatas 20 tahun, jika melakukan pelanggaran akan kita ‘buang’ ke Nusa Kambangan,” katanya. (fhy)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.