Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Lapan selenggarakan Festival Sains Antariksa 2020 secara virtual

Jakarta,koranindonesia.id-Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyelenggarakan Festival Sains Antariksa 2020 yang bertemakan “Satelite for Better Life” dalam jaringan (daring) dalam rangka memperingati World Space Week.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin, festival tahunan yang diselenggarakan Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lapan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya sains dan teknologi keantariksaan.

Koordinator Bidang Kehumasan Lapan Jasyanto mengatakan Pussainsa Lapan berperan serta menyosialisasikan hasil penelitian dan pengembangan keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

Pada 2020, Festival Sains Antariksa pertama kali diadakan secara virtual karena pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia.

Tema “Satellite for Better Life” diadopsi dari tema umum World Space Week yaitu “Satellites Improve Life”.

Satelit memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam komunikasi, pemantauan lingkungan, transportasi, peramalan cuaca, telemedis, dan sains.

Kegiatan edukasi antariksa pada Festival Sains Antariksa 2020 berupa lomba poster dengan dua kategori, yaitu SD dan SMP sederajat, lomba pembuatan Papercraft/3D Paper Model untuk SMA sederajat dengan mengusung tema “Satellite For Better Life”, serta kompetisi astrofotografi yang diperuntukkan bagi kalangan umum.

Acara puncak Festival Sains Antariksa 2020 adalah seminar virtual (webinar) keantariksaan dengan judul Pemanfaatan Satelit: Peluang dan Tantangan Sains Antariksa untuk Masa Depan. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2020 dengan menghadirkan berbagai tokoh penting mulai dari pemangku kebijakan pendidikan dan edukasi, pemerhati, ilmuwan, dan praktisi di bidang astronomi keantariksaan.

Pada kegiatan webinar itu, juga akan disampaikan pemenang lomba-lomba festival dan pemenang lomba KIBO Robotic Challenge 2020 yang sudah diselenggarakan sebelumnya, serta peluncuran Web Sky Quality Meter (SQM).

Diharapkan berbagai kegiatan Festival Sains Antariksa 2020 dapat menarik antusiasme generasi muda untuk mengenal lebih dekat lagi mengenai bidang sains keantariksaan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.