Banner sumsel

Langkah-langkah Simple Membersihkan Oven agar Terlihat Kinclong Seperti Baru Kembali

PALEMBANG, koranindonesia.id —  Oven adalah salah satu peralatan memasak yang penggunaannya tak terlalu sering akan tetapi alat ini mudah kotor serta bau. Karena sisa masakan gosong di oven bisa menghambat aliran panas di dalamnya dan berpotensi menyebabkan kebakaran, serta tumpahan saus yang mengering pada permukaan dalam oven bisa mengurangi kemampuan oven menhantarkan panas yang optimal. Membersihkan oven memang membutuhkan sedikit kerja keras ekstra karena berurusan dengan kerak. Cara membersihkan oven yang paling mudah ialah dengan baking soda, seperti dilansir dari laman wikihow.com ada beberapa langkah untuk membersihkan oven menggunakan baking soda antara lain :

  1. Pertama, siapkanlah oven yang hendak dibersihkan, sabun pencuci piring serta baking soda.
  2. Lepaskanlah rak oven serta rendam ke dalam air hangat yang sudah dicampur sabun pencuci piring. Tunggulah beberapa saat sampai kotoran pada rak oven larut serta mudah dicuci.
  3. Apabila dirasa sudah larut atau mudah dicuci, selanjutnya cuci rak oven serta sikatlah semua kotoran yang ada hingga benar-benar bersih kemudian keringkan.
  4. Untuk membersihkan bagian dalam oven, caranya masukkan sekitar 2 sendok makan baking soda ke dalam botol yang mempunyai semprotan. Tambahkanlah sekitar setengah gelas air lalu kocok hingga baking soda larut.
  5. Semprotkanlah air yang sudah diberi baking soda tersebut ke dalam seluruh sisi bagian dalam oven.
  6. Diamkan sekitar 1 jam sampai kotoran yang berupa arang maupun sisa kue yang ada di dalam oven terangkat.
  7. Apabila segala kotoran sudah terangkat, maka bilas dan lap bagian dalam oven menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  8. Apabila masih terdapat kotoran yang menempel, semprotkan kembali baking soda serta lakukan pembersihan sampai kotoran yang ada di dalam oven benar-benar terangkat dengan baik dan bersih.
  9. Apabila bagian dalam oven sudah bersih, maka selanjutnya bersihkanlah bagian luarnya dengan cara yang sama.
  10. Jika dirasa bagian dalam serta luar oven sudah bersih, rak oven di masukkan kembali. Semoga bermanfaat.  (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.