Langkah-langkah Menghilangkan Virus serta Ciri Komputer Terkena Virus

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Sama seperti tubuh manusia, komputer atau laptop juga bisa saja terkena virus dengan mudah. Virus komputer bisa masuk dengan mudah ke dalam suatu komputer terutama dari jaringan komputer dan juga pemindahan atau transfer file antar komputer. Mirip dengan transfer virus penyakit pada manusia bukan? Virus ini dapat mengakibatkan banyak sekali masalah pada komputer anda pastinya. Apabila komputer anda sudah terkenan virus akan sangat mengganggu sebab virus itu menyebabkan data-data penting yang ada di dalam komputer akan hilang. Terus, bagaimana cara menghilangkan serta ciri-ciri sudah terkena virus tersebut seperti di lansir dari laman berakal.com sebagai berikut:

Sebelum kita membahas tentang langkah-langkah menghilangkan virus komputer, sebaikanya kita kenali terlebih dari dulu apakah komputer yang biasa kita gunakan terkena serangan virus atau tidak.

Ciri-ciri Komputer Terkena Virus

  1. Memory pada drive anda menyusut secara tiba – tiba
  2. File anda banyak mengalami kerusakan/corrupt
  3. Harddisk mengalami corrupt
  4. Kinerja komputer menjadi melambat
  5. Komputer mengalami self restart atau mati secara mendadak
  6. Ada program yang mungkin tidak bisa berjalan seperti biasa
  7. Antivirus mendadak off
  8. Muncul pesan atau notifikasi aneh seperti bahasa alien
  9. Kemunculan file aneh di dalam komputer anda

Lalu bagaimana langkah untuk menghilangkan virus yang telah bersarang di dalam perangkat? Simak keterangan dibawah ini.

1. Gunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt menjadi salah satu alternatif karena anda tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Perhatikan cara dibawah ini agar tidak terjadi kekeliruan saat mengaplikasikan cara tersebut.

  • Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator.

 

Net
  • Misalkan, yang akan anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika anda ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan anda periksa.

    Net
  • Setelah itu, maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.

    net
  • Kemudian, cari file yang menurut anda asing dengan format .EXE, yang dimana anda tidak pernah menginstall sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.

    net
  • Jika tidak dapat dihapus, anda dapat search melalui Run, dan hapus file tersebut. Anda juga dapat menggunakan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang anda temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.

2. Matikan Layanan Mencurigakan Melalui Task Manager

Selanjutnya, anda dapat mengecek adanya virus menggunakan task manager, hal ini juga tidak menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Simak cara penggunaannya berikut.

  • Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lihat, jika terdapat layanan yang mencurigakan, segera matikan!
  • Kemudian, jalankan MSConfig.
  • Langkah berikutnya, setelah masuk System Configuration, masuklah ke opsi Service. Anda diharuskan menghapus semua kolom centang yang mencurigakan. Misal, yang tidak pernah anda install namun terdapat pada pilihan tersebut.

    Net
  • Setelah itu, masuk ke Startup. Di sini anda akan melihat file yang menurut anda mencurigakan. Tandai file yang mencurigakan.

    net
  • Sekarang, buka command prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan. Hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama.

3. Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Anti Virus

Selain dengan cara manual seperti yang telah disebutkan diatas, anda juga dapat menggunakan antivirus untuk menghilangkan virus berbahaya.

Misalnya, anda dapat menggunakan antivirus Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky dan lain-lain. Gunakan satu antivirus yang anda anggap terbaik, dan jangan lupa untuk melakukan update secara rutin, dan juga lakukan scaning dengan menjalankan antivirus. Jadi, bilamana virus menyusup, antivirus akan mendeteksi dan membersihkan file – file jahat tersebut.

4. Format Partisi

Selanjutnya adalah dengan cara melakukan format terhadap partisi yang telah diduga terkena virus. Cara yang satu ini tergolong beresiko dan tidak menjamin kesuksesan yang dapat anda raih. Akan tetapi, hal ini dapat dicoba dengan catatan virus yang anda alami adalah virus yang bersemayam di flashdisk atau memory card.

5. Install Ulang

Langkah lain yang dapat anda lakukan untuk menghapus virus di laptop dan mungkin merupakan salah satu opsi terakhir adalah dengan cara melakukan install ulang pada laptop.  Install ulang dapat anda lakukan apabila infeksi yang terjadi pada windows telah sedemikian parah sehingga aplikasi anti virus pun tidak dapat mengatasinya dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara yang satu ini, pastikan bahwa anda telah membackup data – data penting dari laptop. Dengan demikian, ketika anda melakukan instalasi ulang, data penting pada laptop tidak akan terhapus.

Silahkan terapkan cara menghilangkan virus di laptop yang menurut anda paling sesuai, semoga dengan menghapus virus yang ada, performa perangkat akan lebih meningkat. Semoga bermanfaat (nnn)

2 Komen
  1. niken swastika berkata

    Terimakasih infonya, sangat membantu. kunjungi juga terus website kami dihttp://jos.co.id/

    salam sukses selalu

    1. Redaksi Koranindonesia berkata

      iya sama-sama
      salam sukses juga

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.