Banner sumsel

Kuryana : Kades Harus Bisa Merevolusi Diri, Jadi Kades Jaman Now

BATURAJA, koranindonesia.id – Sebanyak 12 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang digelar Juli 2018 lalu, dilantik Bupati OKU Kuryana Azis secara serentak pula, di Gedung Kesenian Baturaja, OKU, Sumatra Selatan (Sumsel), Senin (1/10/2018).

Dalam pelantikan tersebut, Bupati Kuryana berpesan kepada para Kades yang baru dilantik untuk mengubah cara berpikir (mindset), utamanya dalam hal bekerja melayani masyarakat dan tertib administrasi.

“Ubah mindset. Kades harus bisa merevolusi diri. Jadilah Kades jaman now. Dengan cara membenahi cara kerja, agar semuanya dapat berjalan dalam koridor dan ketentuan berlaku,” ujar Bupati.

Adapun tugas pertama Kades terpilih, dipesankan Bupati lagi, yakni menyatukan kembali perbedaan-perbedaan dan kelompok-kelompok yang terpecah belah.

Jangan ada diskriminasi. Jangan saling hitamkan. Maksudnya, jangan mempersulit warga yang hendak berurusan dengan desa, lantaran beda pilihan sewaktu di Pilkades.

“Tidak ada lagi itu. Satukan kembali dan himpun kembali. Kalau warga ada urusan, layani dan diselesaikan dengan baik, bangsa kita ini sedang berkomitmen untuk menyatukan bangsa dalam bingkai kedaulatan dan keragaman budaya,” papar Kuryana.

Lebih lanjut Bupati kembali berpesan, agar kades terpilih dapat memantapkan tata laksana sistem administrasi yang tertib dan rapi. Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan BPD. Memahami konsep otonomi desa. Tidak pilih kasih dalam melayani. Bekerja keras gali PAD desa.

Kemudian, melaksanakan tertib administrasi keuangan desa, termasuk pemanfaatan dana desa sesuai petunjuk teknis. Bekerja jujur sesuai prosedur. Dan berlomba lomba untuk menata, memperelok dan memperindah desanya sehingga jadi desa terdepan di OKU.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.