Kurangi Genangan Air Saat Hujan, Pemkot Palembang Segera Perlebar Drainase

Kurangi Genangan Air Saat Hujan, Pemkot Palembang Segera Perlebar Drainase

PALEMBANG,koranindonesia.Id-Pemerintah Kota Palembang segera membangun kembali drainase yang tertimbun akibat pembangunan infrastruktur beberapa lalu disejumlah titik di Jalan Kapten A Rivai dan Jalan Jendral Sudirman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak, memastikan dalam empat hingga enam bulan kedepan akan dilakukan pengerjaan tersebut. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dan stakeholder lainnya.

“Saat ini memang masih musim hujan, meski sebentar tapi kalau deras pasti ada genangan. Nah, setelah kita lakukan pembongkaran dan pelebaran drainase, ini akan mengurangi genangan pada musim hujan akhir tahun 2019 hingga awal 2020,” katanya, Senin (25/2/2019).

Selain membongkar drainase Jalan Kapten A Rivai, pihaknya juga akan memperbaiki saluran di Jalan Sudirman dan Letkol Iskandar. Menurutnya, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk perbaikan tersebut.

Senada itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pasca pembangunan LRT genangan air cukup tinggi lantaran ada penyempitan drainase terutama di sekitar Sudirman dan Kapten A Rivai. Karena curah hujan tinggi, kemampuan drainase tidak sesuai dengan debit air yang datang.

“Ditambah dengan kondisi sungai pasang surut, tapi kita usaha untuk menggulanginya,” ujarnya.

Menurutnya, selain dengan upaya gotong royong setiap hari Minggu dan telah ditetapkan perwalinya, pembangunan pompanisasi akan menjadi solusi banjir di Palembang. Pemkot juga melakukan koordinasi PT Pusri untuk pembangunan pompanisasi Sungai Buah.

“Rencana dengan Pusri ini memang sudah lama, kita berharap secepatnya terealisasi agar bisa mengurangi genangan air saat hujan,” ujarnya. (Iya)

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.