Banner Pemprov Agustus

KUA Sekayu Resmi Miliki Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji

SEKAYU,kota Indonesia.id – Penjabat Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi diwakili Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH meresmikan secara langsung pemakaian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sekayu, Selasa (18/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut Asisten I Setda Muba mengatakan Kantor Urusan Agama merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan. Mengingat tugas KUA berkenaan dengan aspek hukum dan ritual yang sangat menyentuh kehidupan keseharian masyarakat, maka tugas dan fungsi KUA kecamatan semakin hari semakin menunjukkan peningkatan kuantitas dan kualitasnya.

“Atas nama pemerintah dan warga Kecamatan Sekayu kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Agama yang dapat membangun Kantor KUA dan Manasik Haji ini di Kecamatan Sekayu,” ucapnya.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Muba khususnya, hanya dapat menyediakan lahan, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba dengan menggunakan Dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dapat membangun KUA dan Manasik Haji.

“Menurut kami kantor ini sangat refresentatif untuk melayani masyarakat di Kecamatan Sekayu di bidang pernikahan, manasik haji dan lain-lain,” tandasnya.

Untuk itu ia berharap kantor tersebut dapat digunakan dengan baik, dengan sarana dan prasarana yang lengkap dan gedung yang cukup megah.

“Jadikanlah semua itu untuk menambah etos kerja dan semangat kerja karyawan dan karyawati Kementerian Agama khususnya KUA Sekayu untuk melayani masyarakat penuh, apalagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba sudah mendapatkan Predikat Zona Integritas,” imbuhnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba H Win Hartan SAg MPdi bersyukur pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji dapat terselesaikan dengan baik hingga peresmian, seraya berharap kedepannya dapat berguna untuk masyarakat di Kabupaten Muba.

“Mudah-mudahan kantor ini berguna bagi masyarakat. Di kantor ini sudah kita siapkan sarana dan prasarananya baik urusan nikah maupun manasik haji, untuk pendaftaran kita juga siapkan dengan cara online dan manual. Muba Maju Muba Sinergi siap kami dukung,” pungkasnya.

Adapun Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji tersebut akan dimanfaatkan oleh Kepala KUA beserta Staf, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, Penghulu dan P2UKD, serta Pengawas Sekolah dan Madrasah di Kecamatan Sekayu. Dengan jenis layanan Bidang Urais/Nikah dan Rujuk, Haji dan Umrah, Pengendali Pendidikan Sekolah dan Madrasah, dan Penerangan Agama Islam (membawahi masjid dan mushollah).

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.