Banner sumsel

KPU Tetapkan Debat Capres-Cawapres Diadakan di Jakarta dan Surabaya

JAKARTA,koranindonesia.Id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan  debat Capres-Cawapres 2019 akan diselenggarakan di dua tempat yakni Jakarta dan Surabaya.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan  hingga saat ini opsi yang sudah ditentukan masih di Jakarta dan Surabaya.
Arief mengatakan berdasarkan opsi tersebut, nantinya debat akan dilakukan empat kali di Jakarta dan satu kali di Surabaya. Namun, Arief mengatakan hal ini masih dapat berubah.

“Meski sudah ditentukan di Jakarta dan Surabaya, namun keputusan ini belum final dan masih bisa dirubah. Tapi dua tempat ini lah yang sudah kami targetkan untuk pelaksanaan debat Capres dan Cawapres 2019,” ungkapnya kepada wartawan, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Pemilihan Jakarta dan Surabaya dimaksud agar tahapan debat tak terfokus di Jakarta. Arief mengatakan pada awalnya terdapat tiga opsi tempat. Namun setelah ditimbang-timbang bila digelar di tiga opsi secara teknis akan sangat merepotkan, sehingga di buatlah digelar di dua opsi yakni Jakarta dan Surabaya.

“Awalnya kita rencanakan di gelar di tiga opsi yakni Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Setelah di kaji dan dipastikan akan sangat merepotkan makanya kuta ambil opsi lainnya yakni Jakarta dan Surabaya,” terangnya.

Arief mengatakan bila menggelar di tiga opsi tentunya hal ini akan menimbulkan kerepotan banyak pihak. Baik bagi pasangan calon hingga pendukung masing-masing pasangan. Sebab pasangan yang akan bertarung harus menyiapkan pendukungnya.

“Kedua merepotkan bagi lembaga penyiaran, karena mereka pasti akan distribusi logistik, personil, dan itu merepotkan banyak pihak. Jadinya sudah kita mengerucutkan hanya dua tempat saja Jakarta dan Surabaya,” tandasnya. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.