KPU Tetap Gelar Pemilihan Suara di Malaysia Sesuai Jadwal

JAKARTA,koranindonesia.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan menunda pelaksanaan pemilu 2019 di Malaysia meski Bawaslu merekomendasikan penundaan pemungutan suara karena adanya surat suara tercoblos di negeri jiran itu.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan pemilihan suara di Malaysia tetap berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Dikatakannya KPU masih berkoordinasi dengan Bawaslu untuk mengklarifikasi kebenaran surat suara tercoblos tersebut.

Disebutkan pihaknya akan mengambil keputusan setelah informasi dan hasil pengecekan didapatkan secara detail.

“Nggak lah, kan diklarifikasi dulu,” ungkapnya kepada wartawan, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (12/04/2019).

Dijelaskannya KPU bersama-sama dengan Bawaslu sudah berkoordinasi, ini kita perjelas dulu statusnya. Status dari video itu seperti apa. Jadi KPU harus bisa memastikan benar atau tidak video surat suara yang tercoblos tersebut.

“Kedua hal kemungkinan itu harus jelas dan detail, mulai jumlahnya, kondisinya. Sedetail mungkin untuk kemudian mengambil keputusan terkait kasus tersebut,” terangnya.

Sementara anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar sebelumnya bicara soal rekomendasi penundaan pemungutan suara di Malaysia. Rekomendasi ini terkait adanya temuan surat suara tercoblos di Selangor.

“Kita sudah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan. Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia,” kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat dihubungi terpisah.

Fritz menduga panitia pemilihan luar negeri (PPLN) tidak melaksanakan tugas sesuai dengan aturan sehingga muncul temuan surat suara tercoblos di Selangor. Tapi Bawaslu tetap menunggu penetapan KPU terkait temuan surat suara tercoblos itu. (erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.